Warga Desa Lariang Harap-Harap Cemas Dengan Gerusan Sungai Lariang – Kab.Pasang Kayu

Foto Kondisi Sungai Lariang Sumber Foto oleh LP.K P K Kab.Pasang Kayu SULBAR

Pengawalkebijakan.id -Masyarakat di Dusun Kalindu sangat gembira adanya pekerjaan proyek Tanggul Pengendali Banjir Sungai Lariang telah mulai dilaksanakan sejak pertengahan Bulan maret 2019, melalui Program Nasional yaitu Program Balai 3 Sungai dan Pantai yang dilaksanakan oleh CV Hardi Utama dengan Nilai kontrak kurang lebih 7.3 Miliar Rupiah, berasal dari sumber anggaran APBN Murni sekaligus proyek ini dalam pengawasan dan pengawalan TP4D Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat.

Namun walaupun proyek ini mulai berjalan, tetapi warga Dusun Kalindu dengan jumlah penduduk kurang lebih 500 jiwa, harap-harap cemas dengan adanya proyek pengendalian sungai Lariang, dikarenakan ganasnya gerusan sungai mengakibatkan adanya longsor di sebagian kebun milik warga. Hal ini disampaikan oleh Sahebe Ketua RT setempat. Hal senada juga disampaikan oleh Firman K selaku Kepala Desa Lariang.

Akan kekwatiran warga tersebut, hingga sampai ke telinga Andi Masakirang sebagai Ketua Komisi Cabang Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) menemui Kepala Desa Lariang guna mendengarkan langsung keresahan warga setempat.

Kami kwatir jika terjadi kendala atau keterlambatan dalam proses pekerjaan pembuatan Tanggul Pengendali Banjir tersebut akan berakibat bencana luar biasa bagi warga dusun Kalindu, termasuk kerugian fasilitas Negara berupa Bangunan SDN dan TK serta infrastruktur lainnya seperti jalan penghubung dari Dusun kalindu menuju Ibu Kota Kecamatan dan Kabupaten. Tutur Firman.

Demikian juga pendapat Muslimin, salah satu tokoh masyarakat di Dusun Kalindu. “Apabila musibah gerusan sungai Lariang tidak secepatnya dituntaskan oleh program Balai 3 Sungai dan pantai pada posisi atau titik yang tepat untuk ditanggul maka musibah besar akan memusnahkan tempat tinggal dan lahan kebun,tambak akan berdampak pada sumber penghidupan dan sumber biaya pendidikan anak anak Dusun Kalindu”.Ujar Muslimin

Harapan warga Dusun Kalindu beserta Kepala Desa Lariang agar proyek tanggul pengendali banjir berjalan tepat waktu tanpa kendala alam atau musim serta hambatan keamanan ataupun hambatan sosial lainnya.

“Kami berharap agar masyarakat tetap otimis dan percayakan sepenuhnya proyek tersebut kepada instansi terkait yang menyelesaikan dan mengawasinya serta LP.K-P-K akan terus mengawal proyek ini hingga selesai “ Pungkas Andi Masakirang. (rd/am)