Hore! Tidak Ada 1 (satu)pun Nelayan Cantrang Yang Beroprasi Lagi di Kalimantan Selatan (KALSEL), Nelayan Aman Melaut

foto nelayan cantrang
87 / 100

 

http://pengawalkebijakan.id Kab. Tanah Laut. Beberapa hari yang lalu viral dimedia Sosial Nelayan Cantrang di duga  beroprasi diwilayah Perairan  Kalimantan Selatan.

Ahirnya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan Tanggap Cepat, berlanjut Rapat Koordinasi Penanganan Kapal Cantrang  Jumat / 22/10/2021 Aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalimantan Selatan.

Dalam Pertemuan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalimantan Selatan,  Kepala Bidang Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Komisi II DPRD Kalimantan Selatan, Lanal Banjarmasin, Polairud Polda Kalsel, Polairud Polres Tanah Laut.

Baca juga: Kapolda Jatim Gelar Apel Ops Zebra Semeru 2021 Untuk Menjaga Sinergitas Sabar Dan Komunikas

HNSI Kalimantan Selatan, HNSI Tanah Bumbu. HNSI Tanah Laut,  UPT Stasiun PSDKP Tarakan. Satwas PSDKP Banjarmasin, Satwas PSDKP Kotabaru,

Hore! Tidak Ada 1 (satu)pun Nelayan Cantrang Yang Beroprasi Lagi di Kalimantan Selatan (KALSEL), Nelayan Aman Melaut
Hore! Tidak Ada 1 (satu)pun Nelayan Cantrang Yang Beroprasi Lagi di Kalimantan Selatan (KALSEL), Nelayan Aman Melaut

Adapun Hasil Rapat Kordinasi  yang disepakati bersama sebagai berikut.

(1) Seluruh peserta rapat menyepakati dan berkomitmen bahwa alat tangkap cantrang dilarang dan tidak boleh digunakan lagi dalam aktifitas penangkapan ikan di sejumlah wilayah pengelolaan perikanan dan akan ditindak tegas sesuai dengan Permen Kelautan dan Perikanan 18 tahun 2021 .

 (2) Segera melakukan koordinasi dan konsultasi Kementerian Kelautan dan Perikanan terkait masalah ini.

 (3) Segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait permasalahan kapal cantrang yang beroperasi di wilayah perairan Kalimantan Selatan.

Atas upaya itu Ahirnya Nelayan Cantrang tidak ada lagi Beroprasi di wilayah perairan Kalimantan Selatan.

Nelayan Muara Kintap Normansyah mengatakan .  Dengan tidak adanya lagi Nelayan Cantrang beroprasi. Alhamdulillah rezeki  hari ini lumayan. Kami Nelayan berterimkasih banyak kepada semua instansi  yang membantu mengatasi Keresehan kami. tidak ada lagi rasa kwatir hilang rempa , Harapan kami kepada Pemerintah  Sebagai Nelayan Tradisional jangan ada lagi Cantrang masuk beroprasi diwilayah Kalsel.Ujarnya.

Baca juga: https://www.beritasatu.com/nasional/857575/hkan-pupuk-kecintaan-publik-pada-alam-dan-budaya-nusantara

Melalui telepon  Kardi. Nelayan Pulau Marabatuan Kab. Kota Baru saat di komfirmasi, Alhamdulillah Nelayan Cantrang sudah tidak ada lagi di perairan pulau Marabatuan Nelayan sudah mulai membaik Rejekinya, Rompong Ikan, sudah aman.

HNSI Tanah Laut Alimuddin,  Mengatakan. Pertama-Tama saya telah mewakili Nelayan berterimkasih kepada semua Pemerintah yang sangat serius mengatasi permasalahan Nelayan Cantrang diwilayah Kalsel. Dan Kami Sticholder Pemerintah  akan selalu pastikan bahwa Nelayan Cantrang sudah tidak ada lagi Beroprasi diwilayah Kalsel sehinggah Nelayan tidak ada lagi yang hilang alat Tangkapnya, tidak ada lagi yang hilang Rompongnya  karena Cantrang.ujar Alimuddin (*)