08/10/2022
Sukses !! Sosialisasi Jaminan BPJS Ketenaga kerjaan Nelayan Desa Muara Kintap, 2022

Sukses !! Sosialisasi Jaminan BPJS Ketenaga kerjaan Nelayan Desa Muara Kintap, 2022

Hits: 124

Pelaihari, Pengawal Kebijkan – Sosialisasi Jaminan BPJS Ketenaga kerjaan Nelayan Desa Muara Kintap Acara tersebut di selenggarakan pada hari jumat 14- januari-2022 dikantor Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, Tala dari pukul 09.00-11.30, peserta mengikut sosialisasi ini adalah nelayan Desa Muara Kintap dan nelayan Desa tetangga lainnya. 
Para peserta yang berjumah 36 orang menggunakan Masker dan sangat serius mengikuti paparan narasumber yang hadir, Sosialisasi Jaminan BPJS  ketenaga kerjaan yang ada di Desa Muara Kintap ini menindak lanjuti perjanjian kerja sama Pemerintah Daerah  Kabupaten Tanah Laut yang ditanda tangani Bupati H. Sukamta dan Kepala BPJS Banjarmasin Tito Hartono Digedung Serantang.

Baca juga : LP. K-P-K NTB Apresiasi Setinggi-tingginya Untuk Presiden Joko Widodo Karena Kontribusi Besar Dan Perhatiannya Bagi Daerah NTB

Seruntung  Senin 27/12/2021 yang lalu,  menurut keterangan Tito kepesertaan nelayan dalam BPJS untuk menjamin keaamanan pekerja kelautan di Tanah Laut yang berjumlah 8000 jiwa Turut hadir dalam sosialisasi BPJS ketenaga kerjaan sektor kelautan dan Perikana, Tatep Fuadi Mu,in kepala BPJS Ketenaga kerjaan Tanah Laut, Edi Santoso pengelola produksi perikanan DKP kabupaten Tanah Laut. 

Sukses !! Sosialisasi Jaminan BPJS Ketenaga kerjaan Nelayan Desa Muara Kintap, 2022
Sukses !! Sosialisasi Jaminan BPJS Ketenaga kerjaan Nelayan Desa Muara Kintap, 2022

Irwandy Asmi Kabib perikanan Tangkap DKP  Kabupat Tanah Laut, Yayan Yuliono Penyuluh perikanan bantu DKP Kabupaten Tanah Laut. Setelah acara  sosialisasi BPJS  Ketenaga kerjaan  dibuka oleh sekretaris  Desa Muara Kintap Bapak Marsuki.

Kemudian acara tersebut di lanjutkan  oleh moderator dalam sambutannya Edi Santoso Menyampaikan, Pertama-tama kami dari DKP bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tanah Laut berterima kasih banyak kepada pemerintah Desa Muara Kintap yang telah mempasilitasi kami untuk bertemu dengan saudara-saudara nelayan yang ada di Desa Muara Kintap. 

Irwan Asmi dalam sambutannya menyampaikan,   Kegiatan sosialisasi terkait jaminan BPJS ketenagakerjaan disektor Kelautan dan Perikanan,  ruang lingkupnya adalah disektor nelayan laut maupun disektor nelayan umum, Perikanan budidaya, pengolahan. 

Semua bisa mendaftarkan diri menjadi peserta jaminan BPJS ketenaga kerjaan, Kehadiran jaminan BPJS Ketenagakerjaan disektor kelautan dan perikanan itu mendukung pasiltas-pasilitas dalam asuransi kenelayanan.

Foto 2 - Sukses !! Sosialisasi Jaminan BPJS Ketenaga kerjaan Nelayan Desa Muara Kintap, 2022
Foto 2 – Sukses !! Sosialisasi Jaminan BPJS Ketenaga kerjaan Nelayan Desa Muara Kintap, 2022

Sehingga dengan adanya sosialisasi pada hari ini adalah sebagai bentuk pemerintah daerah hadir untuk melindungi nelayan terkait tentang jaminan kecelakaan dan jaminan kematian, bahkan biaya siswa  pendidikan kedua anak mulai Sekolah TK sampai menempuh pendidikan  kuliah. 

Beliau Menambahkan, dalam bulan januari ini akan disosialisasikan  keseluruh nelayan disektor perikan hususnya di kecamatan pesisir,harapan saya  agar masyarakat nelayan bisa memamfaatkan momentum ini, jangan sampai terlewatkan, Ujarnya, 

Tatep Puadi Mu,min dalam penyampainya, hari ini kami sosialisasi Jaminan BPJS ketenaga kerjaan di sektor Kelautan dan Perikan adalah sosialisasi yang ke Empat kalinya. 

Pertama kami melaksanakan di Desa Telaga Langsat, Desa Sebuhur, Desa Banua Raya, kami memberikan peluang untuk bekerja sama kepada seluruh masyarkat yang bergerak di seluruh bidang perikanan.

Manfaat secara umum adalah ketikan terjadi resiko kecelakaan kerja kami akan membatu pelayanan pengobatanya sampai dengan sembuh untuk perawatan di Rumah Sakit  Boejasin dan  untuk iyuran disektor bukan penerima upah senilai perbulanya Rp, 16.800 terkafer jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, saat ini kami menawarkan dua program tersebut.

Baca juga : https://www.beritasatu.com/dunia/881309/pemerintah-dan-oposisi-malaysia-bahas-ruu-antilompat-partai?utm_source=headline&utm_medium=article&utm_campaign=Headline-Section

Bila kecelakan kerja dan meniggal dunia maka akan mendapatkan santunan senilai Rp 48 juta, ples dengan biaya siswa mulai TK sampai dengan perguruan Tingggi  untuk dua orang anak senilai Rp 174 juta,  Ujarnya. 

Sekdes Desa Muara Kintap Bapak Marziki, mengtakan, Pertama-tama saya selaku aparat Desa mendukung dan  berterimkasih banyak keapada Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Tanah Laut Bapak H. Sukamta telah bekerja sama. 

Dalam hal ini sangat positif dan sangat bermamfaat buat warga kami husunya nelayan, harapan saya kepada warga yang bergerak di bidang perikanan seyogyanya bisa ikut serta  karena program ini sangat bermamfaat dan menurut saya masalah iyuran sangat ringan. Ujarnya (*) 

 

Bagikan