08/10/2022
foto sambutan pembukaan RAKERNAS LP.K-P-K 2021 OK

foto sambutan pembukaan RAKERNAS LP.K-P-K 2021 OK

Hits: 391

pengawalkebijakan.id – Gorontalo. Ditengah masa pandemi covid 19 ini / PPKM, tidak menyulutkan semangat para peserta yang datang dari berbagai Daerah menginjakan kakinya di Provinsi Gorontalo untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) pada tanggal 25-26 November 2021 di Kota Gorontalo.
Sebelumnya tahun 2020 RAKERNAS diselenggarakan di Anjungan Sulawesi Barat (SULBAR) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – Jakarta dan tahun ini diselenggarakan oleh Komisi Daerah (KOMDA) Provinsi Gorontalo sebagai Panitia Pelaksana / Host, yang diketuai oleh Hj.Masra Puhi,S.Ag,SH,MH sekaligus sebagai Ketua Komisi Daerah (KOMDA) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) Provinsi Gorontalo.
Foto Pembukaan RAKERNAS LP.K-P-K 2021 di Propvinsi Gorontalo
Foto Pembukaan RAKERNAS LP.K-P-K 2021 di Provinsi Gorontalo

Acara pembukaan dihadiri oleh para FORKOPIMDA se-Provinsi Gorontalo, Ketua Umum Pengurus Pusat / Komisi Nasional (KOMNAS) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) Andi Abdul Rahman Onge (Andi ARO), Sekretaris Jenderal (SEKJEN) Komisi Nasional (KOMNAS) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) Freddy Tulangow dan para peserta, disambut dengan Tarian Adat “ Tidi” ciri khas Gorontalo.

Sumringahnya para peserta RAKERNAS yang bertandang ke Gorontalo, disambut dengan gembira oleh panitia serta disuguhi dengan acara Pembekalan Organisasi, Seminar Hukum oleh KAPOLDA, KAJATI Provinsi Gorontalo, Praktisi Hukum (Advokat), Konsultan Perencenaan Pengadaan Barang dan Jasa serta Praktisi Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Gorontalo.

Foto pelantikan KOMDA Provinsi Gorontalo dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021 1
Foto pelantikan KOMDA Provinsi Gorontalo dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021 1

Masra Puhi dalam sambutannya mengucapkan Selamat Datang di Provinsi Gorontalo yang dijuluki Kota Serambi Madinah kepada para peserta RAKERNAS dan kami mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Pusat / Komisi Nasional (KOMNAS) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) yang telah mempercayakan kami sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan acara RAKERNAS.

Syukur Alhamdulillah keberadaan saya di Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) ini bisa mengenal baik dengan Ketua Umum sejak Organisasi ini kami bentuk di Bogor – Jawa Barat pada tahun 2017 dan Saya juga salah satu Pendiri serta Pengurus Komisi Nasional (KOMNAS) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K.).

Foto pelantikan KOMDA Provinsi Gorontalo dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021 2
Foto pelantikan KOMDA Provinsi Gorontalo dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021 2

Untuk itu Saya tidak ragu dengan sepak terjang dari Lembaga ini dalam menjembatani kepentingan bersama, khususnya para Pencari Keadilan pada spesikasi Mengawal Kebijakan Pemerintahan yang Good Governance, dalam memberikan Pendampingan/Advokasi kepada masyarakat marginal sekaligus sebagai mitra dengan semua pihak, ujar Masra Puhi.

Andi Aro yang didampingi oleh Freddy Tulangow (Sekjen LP.K-P-K) dan Jamilah Lihawa (Pembawa Laporan Panitia) mengatakan bahwa RAKERNAS dimasa Pandemi Covid 19 ini ditinjau dari kehadiran peserta merupakan repsentatif dari Daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua.

Foto Pelantikan KOMDA Provinsi Gorontalo dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021 3
Foto Pelantikan KOMDA Provinsi Gorontalo dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021 3

Dimasa PPKM saat ini, kami tidak memandang dari segi target peserta secara kuantatif namun momentum ini kami gunakan untuk memperkuat jalinan tali silaturahmi, konsolidasi organisasi dan mendesign Program yang realitis dalam jangka pendek maupun jangka panjang. tutur Andi Aro.

Disamping itu Andi Aro, selaku Putra Gorontalo adalah Cucu dari Alm.Abdul Rahman Onge yang biasa dipanggil Teme Rosi, salah –satu tokoh Pejuang Perintis Kemerdekan Tahun 1942 di Provinsi Gorontalo sekaligus Wartawan Senior.

Foto Sidang Komisi RAKERNAS LP.K-P-K 2021 Di Kota Gorontalo 1
Foto Sidang Komisi RAKERNAS LP.K-P-K 2021 Di Kota Gorontalo 1

Menambahkan bahwa dalam penyusunan Program dan Rekomandasi hasil Rakernas ini akan menitik beratkan pada isu-isu nasional terkini yang dihadapi oleh Bangsa, diantaranya bersinergi dengan pemerintah dalam masa pandemi covid 19 dan pemulihan ekonomi, dengan tetap menjaga independensi dan kemandiarian Organisasi.

Foto Sidang Komisi RAKERNAS LP.K-P-K 2021 Di Kota Gorontalo
Foto Sidang Komisi RAKERNAS LP.K-P-K 2021 Di Kota Gorontalo

Hal lain juga yang tak kala penting menjadi bagian dari pantauan kami adalah tentang pelayanan publik, maraknya Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) , optimalisasi anggaran, dana hibah, dana desa, dana bos dan “sumbangan” orang tua murid di sekolah-sekolah negeri dan lain-lain.

Foto Sidang Komisi RAKERNAS LP.K-P-K 2021 Di Kota Gorontalo 2
Foto Sidang Komisi RAKERNAS LP.K-P-K 2021 Di Kota Gorontalo 2

Namun saya berharap rekan-rekan peserta RAKERNAS Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) akan menyusun Program Kerja dan Rekomendasi dengan realistis dan skala prioritas. Tegas Andi.

Foto bersama Bupati Gorontalo Dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021
Foto bersama Bupati Gorontalo Dalam RAKERNAS LP.K-P-K 2021

Setelah memberikan materi tentang pemerintahan daerah oleh Prof.Dr.Ir.H.Nelson Pomalingo,M.Pd mantan Rektor Universitas Negeri Gorontalo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Gorontalo, menutup secara resmi rangkaian kegiatan RAKERNAS pada hari Jumat, 27 November 2021. Jam 17.00 WITA.

Dalam sambutannya, Bupati Gorontalo menyampaikan apriasiasi penyelenggaraan RAKERNAS di laksanakan di Gorontalo dan berharap hasil rumusan Program Kerja LP.K-P-K dapat bersinergi dengan pemerintah sekaligus kami membuka diri kepada LP.K-P-K, Khususnya KOMDA Provinsi Gorontalo untuk melakukan BIMTEG dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo. Ucap Nelson Pomalingo.

Baca juga : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211101100544-20-714877/persiapan-pemilu-2024-pdip-gelar-rakernas-awal-desember-2021

Ditempat yang sama, Sekretaris Jenderal (SEKJEN) Freddy Tulangow dipenghujung acara RAKERNAS menyampaikan terimakasih kepada para peserta yang sangat antusias mengikuti semua agenda acara dengan baik serta telah merumuskan Progam Kerja dan Rekomendasi.

Serta berharap hasil RAKERNAS segara diaplikasikan disemua tingkat kepengurusan LP.K-P-K se-Indonesia baik Komisi Cabang (KOMCAB), Komisi Daerah (KOMDA), Tim Khusus (TIMSUS) sampai ke tingkat Pusat dalam hal ini Komisi Nasional (KOMNAS) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) .

Semoga kita akan bersua kembali dalam agenda Musyarawah Nasional Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022 di Jakarta dan alternatif di Jawa Tengah, pungkas Freddy.

Bagikan