PUPR Tanah Bumbu Bangun Pemecah Ombak Demi Mengatasi Abrasi

Dokumentasi Foto pembuatan Bronjong pemecah gelombang

Pengawalkebijakan.id – Batulicin. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu membangun pemecah gelombang ( Breakwater ) dan pengumpul pasir  dalam bentuk Bronjong penahan ombak dan air pasang laut di Desa Setarap Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu tahap ketiga Rabu, (19/08) sudah mulai dikerjakan.

Anggaran Tahun 2019 dan 2020 dana mencapai sebesar Rp 400.000.000 sedangkan kawat bronjong dapat bantuan dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan II

H. Asyari Firdaus, S.Hut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu kepada media ini mengatakan, Pembangunan pengaman pantai Desa Setarap di kerjakan tiga Tahapan, pertama sepanjang kurang lebih 90 meter, tahap kedua kurang lebih 75 meter dan tahap ketiga yang masih dikerjakan saat ini kurang lebih 58 meter.

Tambahnya, manfaat dari pembangunan bronjong sebagai pemecah ombak dan pengumpul pasir sehingga abrasi dapat dikurangi, tegasnya

Dokumentasi Foto Bronjong pemecah gelombang

H. Daus mengharapkan, “dengan dibangun bronjong sehingga warga masyarakat yang tinggal di pesisir pantai bisa merasa lebih tenang tidak ada ke khawatiran, sehingga bisa melakukan aktivitas seperti biasa.” Ucap kepala dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu ( H. ADIL )