08/10/2022

Tentang Pengawal Kebijakan

LOGO PENGAWAL KEBIJAKAN

Hits: 646

Pengawal Kebijakan dalam website portal berita secara online yang selanjutnya dalam room ini dijelaskan secara rinci, dua kata ” Pengawal dan kata Kebijakan “
Pengawal (bahasa Inggris: Bodyguard atau jika dari instansi pemerintahan namanya Close Protection Officer) adalah sebuah pekerjaan dari suatu jenis instansi pemerintah atau organisasi swasta pengamanan, penegakan hukum atau angkatan bersenjata yang diberi tanggung jawab untuk melindungi orang atau kelompok, biasanya pejabat berpangkat tinggi, konglomerat atau selebriti dari segala bentuk ancaman bahaya
Dua kata terdiri Pengawal dan kata Kebijakan, dijelaskan lagi bahwa Kata Pengawal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan dari berbagai sumber, beserta contoh kalimatnya: pe.nga.wal [n] (1) penjaga (keselamatan dan sebagainya); (2) cak seorang laki-laki yang menjadi pacar (tunangan)
Pengawal-Kebijakan-icon-Burung-Elang.jpg
Pengawal Kebijakan – icon Burung Elang

Kebijakan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis besar dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan dalam mencapai tujuan atau sasaran. Secara etimologis, menurut Dunn menjelaskan bahwa istilah kebijakan (policy) berasal dari bahsa Yunani, Sanksekerta dan Latin.

Baca Juga : Tertiblah Berlalu Lintas Jika Tidak Ingin Surat Tilang Datang Kerumah

Dalam bahasa Yunani dan kebijakan disebut dengan polis yang berarti “ negara-kota” dan sansakerta disebut dengan pur yang berarti “kota” serta dalam bahasa Latin disebut dengan politia yang berarti negara. (Dunn, 2007: 51).

Beberapa ilmuwan menjelaskan berbagai macam mengenai kebijakan diantaranya, Carl Friedrich dalam Indiahono menyatakan bahwa “kebijakan merupakan suatu arah tindakan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu yang memberikan hambatanhambatan dan kesempatan-kesempatan terhadap kebijakan yang di usulkan untuk menggunakan dan mengatasi dalam rangka mencapai suatu tujuan, atau merealisasikan suatu sasaran atau suatu maksud tertentu. “ (Indiahono, 2009: 18).

Dalam kebijakan terdapat suatu hal pokok yaitu adanya tujuan (goal), sasaran (objective) atau kehendak (purpose). Sementara itu Jones mendefinisikan kebijakan yaitu: “Perilaku yang tetap dan berulang dalam hubungan dengan usaha yang ada didalam dan melalui pemerintah untuk memecahkan masalah umum. Definisi ini memberi makna bahwa kebijakan itu bersifat dinamis.

Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak . Istilah ini dapat diterapkan pada pemerintahan, organisasi dan kelompok sektor swasta, serta individu. Kebijakan berbeda dengan peraturan dan hukum.

Baca Juga : https://lpkpk.org

Kebijakan dibuat melalui tahap-tahap yang sistematis sehingga semua variabel pokok dari semua permasalahan yang akan dipecahkan tercakup. Kebijakan harus dapat dilaksanakan oleh unit organisasi pelaksana

Pengawal Kebijakan adalah sebuah pekerjaan yang mengawal suatu sistem yang dibuat oleh pemerintah, organisasi dan kelompok swasta serta individu.

Pengawal Kebijakan juga mengandung pengertian suatu tindakan untuk mengamankan, mengawal dan mengontrol atas aturan yang telah disepakati bersama. Olehnya Pengawal Kebijakan menjadi brand dari media online ini sekaligus Burung Elang menjadi icon, yang berfungsi sebagai kontrol sosial disemua sektor pembangunan bangsa.

Untuk itu teks berita dalam Pengawal Kebijakan, apa pun bentuk dan mediumnya, tanpa disadari sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Di era digital seperti saat ini, media online pun jauh lebih mudah, karena bisa dilakukan hanya dari gadget yang kita gunakan sehari-hari. Selain mengkonsumsi berita Pengawal Kebijkan sebagai asupan informasi sehari-hari, kita juga perlu memahami struktur teks berita agar bisa menyaring kebenaran sebuah berita atau informasi serta kaidah-kaidah jurnalistik. (2a-0*)

 

Bagikan