Pemkab Nias Barat dan DPRD Tandatangani Dokumen Rancangan Awal RPJMD

IMG 20210716 WA0032

Pengawalkebijakan.id – NIAS BARAT | Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Nias Barat menyepakati rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026. Kesepakatan terhadap dokumen RPJMD tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan antara Bupati Nias Barat dan Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat, pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan  di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Nias Barat, Jumat (16/7/2021).

Rapat penandatanganan Nota Kesepemahaman bersama itu dipimpin oleh Ketua DPRD Nias Barat Evolut Zebua, didampingi Wakil Ketua II Tolosokhi Halawa, dan sejumlah anggota DPRD. Dari Pemerintah Daerah dihadiri Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, dan Wakil Bupati Nias Barat Era Era Hia, Staf Ahli, Asisten Setda serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

Seusai penandatanganan Nota Kesepakatan RPJMD, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, dalam sambutannya menyampaikan penandatanganan Nota Kesepakatan terhadap rancangan awal RPJMD yang baru saja diaksanakan merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa Kepala Daerah mengajukan Rancangan Awal RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan.

“Rancangan awal RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026 yang baru saja kita sepakati dan tanda tangani bersama ini merupakan hasil dari rangkaian pembahasan antara DPRD dan Pemerintah Daerah Nias Barat, memiliki makna yang sangat strategis bagi Pemerintah Daerah karena memuat arah kebijakan pembangunan dan rencana program prioritas serta indikasi kerangka pendanaan pembangunan daerah Kabupaten Nias Barat 5 (lima) tahun ke depan sebagai penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat Periode 2021-2026”, ujanya.

IMG 20210716 WA0034

Selanjutnya, sesuai dengan ketentuan bahwa Rancangan Awal RPJMD yang telah disepakati ini akan menjadi pedoman dan acuan bagi masing-masing Perangkat Daerah dalam menyusun Rancangan Rencana Strategis Perangkat Daerah (RENSTRA-PD) untuk 5 (lima) tahun yang akan datang.

“Sebagai tindak lanjut kesepakatan hari ini maka pemerintah akan menyampaikan dan mengkonsultasikan Rancangan Awal RPJMD ini kepada Gubernur Sumatera Utara untuk memastikan konsistensi dan sinergitas kebijakan pembangunan Nasional, Daerah Provinsi Sumatera Utara dan Kabupaten Nias Barat”, ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat atas dukungan serta saran yang diberikan dalam penyempurnaan penyusunan RPJMD. [AH]