Pemerintah Desa Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah

Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah

Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah

83 / 100

http://pengawalkebijakan.id jombang ,Kaum ibu duduk di beranda rumah. Masker menutupi wajah. Tapi tidak menutup empati yang keluar dari dalam diri. Mereka memandang seksama, sebuah catatan di selembar kertas. Percakapan mengalir tanpa henti. Ini pembicaraan soal naluri.

Beberapa pekan terakhir mereka rutin bertemu dalam rapat antara Kepala Desa dengan warganya,Bermufakat untuk kepentingan maslahat. Meringankan beban tanpa pamrih. Berharap mereka yang sakit lekas sehat dan pulih. “Kalau tidak kita siapa lagi,” cerita Kepala Desa Podoroto, Adhim, kepada kami MBI , beberapa waktu lalu.

Foto 1 - Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah
Foto 1 – Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah

Hampir dua tahun terkurung dalam Pandemi Covid-19. Membuat hidup banyak orang semakin sulit, Jutaan jiwa terpapar,Ribuan nyawa jadi korban. Kondisi ini menggugah hati kaum ibu untuk melakukan kegiatan yang positif,di Desa Podoroto Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. Atas nama kemanusiaan, mereka memberi waktu, tenaga, bahkan uang. Demi meringankan beban warga kesusahan.

Baca juga: Kapolresta Mojokerto Memberi penghargaan Kepada Pengasuh Pondok 99, Saat Tinjau Vaksinasi ODGJ

Walaupun hidup mereka juga pas-pasan, Program Jumat berkah di Desa Podoroto adalah program yang di gagas oleh Kader  Desa Podoroto yang bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat Umul Quro’ adalah program jumat berkah yang ke 6 di Dusun Garu dengan sasaran sebanyak 60 Warga yang membutuhkan.

Foto 2 - Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah
Foto 2 – Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah

Dengan itu, acara yg dihadiri Babinsa serta beberapa aparatur Desa,melalui program Jumat Berkah Pemerintah Desa Podoroto, sejumlah Pengurus PKK dan Kader Desa rutin membagikan bahan makanan atau sayur-mayur, kepada warga masyarakat, yang dinilai membutuhkan, atau pada mereka yang masih mengalami dampaknya pandemi covid-19.bisa berjalan sesuai rencana.

Kepala Desa Podoroto, Adhim mengungkapkan ini sudah menjadi agenda rutin setiap Jumat Pagi. “Karena sudah rutin setiap minggu, Sekarang, sudah banyak masyarakat yang datang bukan untuk mengambil bantuan, tapi untuk memberikan sejumlah paket sayur mayur untuk kita bagikan,” ungkap Adhim, jombang Jumat (29/10/21).

Foto 3 - Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah
Foto 3 – Pemdes Podoroto dan Amil Zakat Umul Quro Mengadakan Gerakan Jumat Berkah

Lanjutnya, gerakan Jumat Berkah Pemdes Podoroto kini sudah menjadi gerakan bersama masyarakat Podoroto. “Kami berharap, kegiatan positif seperti ini dapat terus berlangsung di masa pandemi atau sudah endemik,” katanya.

Baca juga: https://www.beritasatu.com/nasional/858335/wamen-lhk-terapkan-prokes-yang-ketat-di-twa-dan-tn

Ia pun mengimbau, hal seperti ini dapat dilakukan ditingkat RT. “Harapannya, gerakan kecil ini dapat menjadi gerakan besar yang dirasakan lebih banyak lagi masyarakat Desa Podoroto serta menjadi contoh Desa desa yg lain dalam melakukan kebaikan demi kepentingan bersama,” harap Adhim. MBI/JOKO.