PEMBANGUNAN POSKESDES DI DUSUN BOLUMALALA – DESA ORABATU KAB.MAMUJU DIDUGA BERAROMA KORUPSI

Foto Tampak Depan Poskesdes Dusun Bulomalala Desa Orobatu Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju tahun anggaran 2018
Rusdin Ahmad Ketua Komda Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) SULBAR

Pengawalkebijakan.id – Belum rampungnya Pembangunan  Poskesdes Dusun Bulomalala Desa Orobatu Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju tahun anggaran 2018 bersumber dari Dana Desa  ( DD ) diduga dibangun tanpa perencanaan mengingat bentuknya bukan menyerupai  kantor Poskesdes melainkan rumah pribadi yang menelan anggaran 200 juta.

Pada hari ini 11/8, salah satu warga yang tidak mau disebutkan identitasnya mengatakan kenapa mesti membangun Poskesdes baru sementara ada bangunan poskesdes  lama yang  masih sangat layak di tempati harusnya direhab atau di bangun baru kalau itu memang aturannya tanpa harus memindahkannya, lokasi ada kok sementara pembangunan Poskesdes baru belum jelas legalitas kepemilikannya masyarakat atau Pemerintah Daerah ” ungkapnya”.

Di tempat terpisah Rusdin Ahmad, Ketua Komisi Daerah LSM Lembaga Peengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadialan (LP.K-P-K) Sulawesi Barat mengeluarkan kritik tanjam terhadap kepala Desa Orobatu Mastur terkait pembangunan Poskesdes Bulomalala yang sampai ini belum rampung 100 persen. Patut diduga ada unsur kesengajaan dari oknum Kepala Desa agar dilanjutkan lagi tahun ini karena dananya sudah habis. Anehkan anggaran 200 juta pembangunan Poskesdes tersebut belum rampung, ada apa?   Kalau LPJ Desa diterima di PMD atas proyek ini sungguh sangat aneh lagi, ini jelas mark-up. Sudah sepatutnya Pihak Penegak Hukum memanggil oknum Kades Orobatu yang diduga sengaja melawan hukum dan menguntungkan diri sendiri. Sangat penting sekali jika  BPKP  turun ke lapangan untuk mengaudit bangunan tersebut” Tandasnya. (r/d.R-A)