08/10/2022
Foto1.-LP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg

Foto1. LP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Dengan adanya MoU tersebut, bagi KOMNAS LP.K-P-K menjadikan software Desa ini untuk turut berkontribusi membangun Bangsa dan Negara melalui program pembangunan desa, khususnya melalui pemerintah Desa sekaligus hal ini sebagai peluang usaha organisasi, yang mana LP.K-P-K akan menjadi mitra marketing dalam mendistribusikan software SIKADES.

Hits: 263

Pengawal Kebijakan – Kab.Wonosobo. Dalam rangka sosialisasi hasil RAKERNAS 2021 dan memantapkan konsolidasi Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) di wilayah hukum Provinsi Jawa Tengah, pada tanggal 11 /02/2022.Bertempat di Wedas Lintang- Kab.Wonosobo. (Dikediaman Bapak Rahmad Haryanto).
Sekaligus pendandatangan MoU antara Komisi Nasional/Pengurus Pusat LP.K-P-K dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer IT Website SIKADES) berkedudukan di Purworejo – JATENG. Maka atas inisiatif Pengurus Komisi Daerah (KOMDA) yang dinahkodai oleh Sugi Ahmad Sodikin menyelenggarakan pertemuan dimaksud.
Foto2.-LP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg
Foto2. LP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Dalam acara tersebut, KOMDA Jawa Tengah mengundang Andi ARO selaku Ketua Umum KOMNAS untuk memberikan wejangan kepada para pengurus, dihadiri oleh para Pengurus Komisi Cabang (KOMCAB) dari Kabupaten Banjarnegara, Kab.Banyumas, Kab.Purworejo, Kab. Temanggung dan Kab.Demak.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, H.Lukito,SH,MM, (Ketua Pembina KOMNAS , Santa, Rully Yoga Tama (Pengurus KOMNAS) dan beberapa anggota pengurus KOMDA Jawa Tengah yang juga tergabung sebagai Pengurus KOMNAS, diantaranya Sugi Ahmad Sodikin merangkap sebagai Ketua Satuan Tugas Keamanan (SATGASMAN) KOMNAS, Anam Narijam,S.Pd merangkap sebagai Ketua Satuan Tugas Relawan (SATGASREL) KOMNAS dan Eko Haris,SE,MM merangkap sebagai Ketua Satuan Tugas Pengawal Desa (SATPELDES) KOMNAS.

Foto4-Pengurus-LP.K-P-K-Kab.Wonsobo-dalam-acara-Sosialisasi-dan-konsolidasi-sertaLP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg
Foto4 Pengurus LP.K-P-K Kab.Wonsobo dalam acara Sosialisasi dan konsolidasi sertaLP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Sementara ditempat terpisah Freddy Tulangow, SH,MH,M.Th Sekjen KOMNAS ketika dikonfirmasi crew Pengawal Kebijakan tidak bisa hadir mendampingi Ketua Umum pada hari ini,karena sedang menyelesaikan beberpa kasus yang tugaskan oleh Ketum di Sulawesi Utara namun akan berusaha datang ke JATENG pada awal minggu ini, sebelum Ketua Umum balik ke Jakarta.

Foto5-Pengurus-LP.K-P-K-Kab.Magelang-dalam-acara-Sosialisasi-dan-konsolidasi-sertaLP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg
Foto5 Pengurus LP.K-P-K Kab.Magelang dalam acara Sosialisasi dan konsolidasi sertaLP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Dari acara sosialisasi dan konsolidasi tersebut di atas, tak kalah pentingnya kehadiran Ketua Umum KOMNAS di Jawa Tengah, adalah penandatanganan MoU dengan Pihak Developer IT Website Desa, karena hal ini sudah jauh-jauh hari telah dimediasi oleh Sugi Ahmad Sodikin Ketua KOMDA Jawa Tengah dengan Ketua Umum dan Direktur Perusahaan yang membuat Software SIKADES.

Dengan adanya MoU tersebut, bagi lembaga menjadikan software Desa ini untuk turut berkontribusi membangun Bangsa dan Negara melalui program pembangunan desa, khususnya melalui pemerintah Desa sekaligus hal ini sebagai peluang usaha organisasi, yang mana lembaga akan menjadi mitra marketing dalam mendistribusikan software SIKADES.

Foto6-Pengurus-LP.K-P-K-Kab.Temanggung-dalam-acara-Sosialisasi-dan-konsolidasi-serta-LP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg
Foto6 Pengurus LP.K-P-K Kab.Temanggung dalam acara Sosialisasi dan konsolidasi serta LP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Sugi Ahmad Sodikin dalam sambutan acara sosialisasi dan konsolidasi tersebut mengatakan, kami sangat berterimakasih atas kedatangan Bapak Andi Aro di tempat kami dan selain akan memberikan arahan tentang keorganisasian tetapi momentum ini sangat penting juga karena Ketua Umum akan MoU dengan Perusahaan IT yang membuat software SIKADES tentunya akan ditawarkan ke Desa-Desa oleh lembaga ini se Indonesia,ucap Sugi.

oto7-Pengurus-LP.K-P-K-Kab.Banjarnegara-dalam-acara-Sosialisasi-dan-konsolidasi-serta-LP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg
Foto7 Pengurus LP.K-P-K Kab.Banjarnegara dalam acara Sosialisasi dan konsolidasi serta LP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Sementara itu,Shandi Zamaludin selaku Direktur Rumah Kita Solusindo yang membuat Website SIKADES yang hadir dalam acara tersebut di atas, turut memberikan presentasinya mengatakan “ Kami adalah perusahaan UMKM di bidang IT yang sudah tiga tahun terakhir ini membuat-mendesain berbagai website dan sudah digunakan dibeberapa Kabupaten, khususnya di Jawa Tengah. Website yang kami produksi ini, isinya berbagai kebutuhan masyarakat umum dan pemerintahan, khususnya website SIKADES (Sistem Informasi Keuangan Desa). Produk Website Desa ini relevan dengan era keterbukaan saat ini dan sesuai dengan visi misi LP.K-P-K serta selaras dengan UU Nomor 6 Tahun 2014. Tentang Desa.Pasal 85 dan 86, terang Shandi.

Foto8-Pengurus-LP.K-P-K-Kab.Banyumas-dalam-acara-Sosialisasi-dan-konsolidasi-serta-LP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg
Foto8 Pengurus LP.K-P-K Kab.Banyumas dalam acara Sosialisasi dan konsolidasi serta LP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Lebih lanjut Shandi mengatakan “ Dengan Software SIKADES ini, publik dapat mengakses informasi desa melalu website desa, dan sangat mudah dijalankan oleh siapapun khususnya oleh operator desa serta terkoneksi dengan link perpajakan,perbankan, pemerintahan ditingkat kabupaten-kota dan lain-lain.Namun dari sisi keamanan dan mantainance sangat terjamin,tutur Shandi.

Ditempat yang sama Ketua Umum dalam sambutan dan pemaparan tentang keorganisasian serta diskusi dengan para pengurus KOMDA JATENG dan para pengurus Komisi Cabang (KOMCAB) se JATENG menitik berat pada pada 3 hal :

Foto9.-LP.K-P-K-MoU-Dengan-PT.Rumah-Kita-Solusindo-Developer-Website-SIKADES-11-Februari-2022.jpg 16 Februari 2022
Foto9. LP.K-P-K MoU Dengan PT.Rumah Kita Solusindo (Developer Website SIKADES) 11 Februari 2022

Pertama : Guna mengimplementasikan hasil RAKERNAS 2021 di Provinsi Gorontalo, bahwa KOMNAS fokus dalam program konsolidasi kelembagaan, yaitu dengan target memperluas jaringan baru / pembentukan KOMDA dan KOMCAB-KOMCAB. Khusus wilayah Provinsi Jawa Tengah, diharapkan sudah terbentuk minimal 50% dari Jumlah Kabupaten-Kota se JATENG, termasuk target nasional secara kuantitatif ditingkat Provinsi akan terbentuk minimal 17 KOMDA serta ditingkat Kabupaten-Kota akan terbentuk minimal 150 KOMCAB sampai pada bulan November 2022.

Baca Juga :RAKERNAS I LP.K-P-K Tahun 2020 Momentum Menajamkan Visi Dan Misi

Kedua : Melakukan lompatan program adalah improvisasi program yang disesuakan dengan kondisi terkini, terutama dimasa pandemic covid19 yaitu, membuka peluang usaha bagi organisasi yang tentunya diharapkan sebagai income bagi para anggota. Salah satu peluang usaha yang secara resmi diusung oleh KOMNAS adalah distribusi website SIKADES di seluruh Indonesia oleh para pengurus / anggota LP.K-P-K. Disamping itu KOMNAS membuka peluang kerja dan bisnis dengan usaha-usaha yang sudah diproduksi untuk dipasarkan bersama melalui KOMNAS LP.K-P-K serta peluang bisnis lainnya.

Ketiga : Membuka jaringan dan jemput program di tingkat kementerian maupun menindaklanjuti beberapa aspirasi masyarakat yang sifatnya pendampingan dari lembaga dengan instansi / Pemerintahan Pusat.

Baca Juga : redaksisatu.id

Selain itu Ketua Umum mengatakan bahwa dalam mewujudkan tiga hal tersebut di atas, “ Ayo mari kita bersama-sama menjada kekompakan antar pengurus, baik dari tingkat komnas,komda dan cabang dan jagalah marwah organisasi ini, dengan tidak melakukan intimidasi,ancaman dan 86 ketika melakukan survey, monitoring, investigasi, bedah kasus, advokasi dan mediasi serta laporan ke aparat hukum”. Pungkas Andi. (rd-a2)

Bagikan