Karena Nelayan Cantrang, DKPP Kalsel Berudensi ke KKP

karena-nelayan-cantrang,-dkpp-kalsel-berudensi-ke-kkp

Foto bersama para pejabat Kalsel dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk membahas aspirasi para nelayan di Kab.Tanah Laut.22-10-2021.

81 / 100

Pengawal Kebijakan.Id -Kab Tanah Laut. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan Beraudensi ke Kementrian Kelautan dan Perikanan di Jakarta Pusat Rabu, guna membawa keluhan nelayan cantrang pada 3/11/2021.

Dengan membawa aspirasi nelayan cangkrang, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan Berudensi di dampingi oleh Satwas PSDKP Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas DKPP Tanah Bumbu, Kepala Dinas, HNSI Tanah Bumbu terbang ke Jakarta.

Sebelumnya sebelum bertolak ke Jakarta membawa asipirasi nelayan telah dilakukan audensi. Dan menghaslkan beberapa kesepakatan dari Peserta Rakor di Aula Dinas Kelautan dan Perikan Provinsi Kalimantan Selatan pada Jumat lalu 22/10/2021.

karena-nelayan-cantrang,-dkpp-kalsel-berudensi-ke-kkp
Foto Rapat bersama para pejabat Kalsel dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk membahas aspirasi para nelayan di Kab.Tanah Laut.22-10-2021.

Baca Juga : https://pengawalkebijakan.id/ketua-timsus-lp-k-p-k-sulut-telah-menarik-pendampingan-terhadap-laporan-anwar-mooduto/

Sebelumnya, Beberapa hari yang lalu Sempat terjadi kericuhan yang mengakibatkan Pembakaran Satu buah Kapal Nelayan Cantrang di luar Wilayah Jorong, Oleh Nelayan Kalimantan Selatan

Para peserta Audensi disambut baik oleh Wakil Ketua Dirjen Bidang Tangkap Serta Wakil ketua PSDKP di Gedung KKP di Gambir Jakarta Pusat

Foto para pejabat Kalsel dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk membahas aspirasi para nelayan di Kab.Tanah Laut.22 10 2021.
Foto para pejabat Kalsel dengan Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk membahas aspirasi para nelayan di Kab.Tanah Laut.22-10-2021.

Lewat Whappsap Satwas PSDKP Kalimantan Selatan Muh. Rizal Mengatakan.
Dalam Pertemuan Audensi Kemarin Sekretariat Direktorat Jenderal dan Direktur PSDKP, Kemudian DKPP Jawa Tengah  juga berhalangan hadir. Adapun hasil pertemuan secara umum.

1. KKP akan  menindak tegas Nelayan Cantrang

2. Adanya pertemuan lanjutan Dengan Pemerintah Daerah  Jawa tengah terkait pembinaan terhadap Nelayannya. Kemudian  ada juga berapa izin cantrang yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Jawa Tengah, Kemudian diharapkan pertemuan akhir November dan KKP diundang sebagai mediator

3. Patroli akan lebih diintensifkan di 712-713 oleh KKP maupun stasiun tarakan.

Link : https://redaksisatu.id/sejumlah-saksi-termasuk-istri-bupati-diperiksa/

Melalui Telpon Ketua HNSI Tanah Bumbu, Bpk  H. Kasim Mengatakan Akan diadakan lagi pertemuan kembali oleh Pemerintah Daerah Jawa Tengah Terkait Permasalahan Nelayan Cantrang.

Melalui Whappsaap
Bapak Dr Ariadi Noor Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPP Kalsel Mengatakan Sesuai arahan direktur PSDKP Kami didorong di Daerah untuk segera membuat Perda Pengawasan untuk melegalisasir dan memperkuat penindakan sanksi perdata bagi nelayan yang melanggar aturan, kita dorong DPRD sebagain inisiatornya
Atau eksekutif pada tahun mendatang.
kami harap didukung Pak Imam Prastowo⁩ sebagai Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Komisi II.

 

Plt Ketua HNSI Tanah Laut Alimuddin yang berhalangan hadir Audensi itu beliau  mengucapkan Apresiasi  atas Capain kinerja terhadap semua Stakeholder Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Selatan. Karena sudah beberapa Minggu ini Nelayan Cantrang sudah tidak ada lagi kelihatan di wilayah Laut Kalimantan Selatan. Nelayan  pada Tenang sudah Melaut .ujarnya (*)