Nelayan Kalimantan Selatan (KALSEL) Sangat Menjaga Kearifan Lokal Jalur 3 Sampai Pulau 9

Foto Nelayan KALSEL Sangat Menjaga Kearifan Lokal
82 / 100

http://pengawalkebijakan.id Kab. Tanah Laut. Sejak dulu Nelayan Kalimantan Selatan Khususnya  Nelayan Kab Tanah Laut Menggunakan Alat  Penangkap ikan  Tradisional,  Alat Penangkap Ikan yang  Ramah lingkungan.

Ukuran GT Kapal yang mereka gunakan  berpariasi, mulai dari  ukuran 7 GT  sampai dengan ukuran 30 GT. Sejak dulu  Jalur wilayah Tangkap mereka tidak menentu Kadang dibawah 12 Mil kadang 30 Mil bahkan sampai 40 mil dari garis bibir Pantai. Tergantung keadaan dilapangan mereka mencari sumber kerumunan ikan.tapi kebanyakan mereka bekerja diatas 12 Mil atau jalur III.

Baca juga: Kapolresta Mojokerto Memberi penghargaan Kepada Pengasuh Pondok 99, Saat Tinjau Vaksinasi ODGJ

Jalur III WPRRI 712 Perairan Kalimantan Selatan sampai ke Perairan Pulau 9 Kab Kota baru Pertengahan Laut Jawa dengan Kalsel,  itu adalah wilayah Tangkap Nelayan Tradisional Kalimantan Selatan dengan menggunakan Alat Tangkap Ke Arifan Lokal, sebutannya“Gillnet”,

Foto 1 - Nelayan Kalimantan Selatan (KALSEL) Sangat Menjaga Kearifan Lokal
Foto 1 – Nelayan Kalimantan Selatan (KALSEL) Sangat Menjaga Kearifan Lokal

Nelayan Lokal Kalimantan Selatan tidak setuju jika ada Peraturan.yang mengatur Tentang Ukuran GT Kapal, yang  mana aturan itu menguntukan  Nelayan Luar, bebas masuk diwilayah jalur lll wilayah Kalsel.

Sementara Jalur tersebut wilayah  kerja Mereka yang selama ini sangat  dijaga keberlansunganya. Kecuali Nelayan Luar tersebut menggunakan Alat Tangkap yang sama di gunakan oleh masyarakat Nelayan Lokal.

H Jamal Anggota  HNSI Kab. Tanah Laut Mengatakan Jika ada aturan-aturan Kementrian yang mengatur Tentang Alur Penangkapan di Jalur lll Kalsel sehinggah Nelayan Luar bebas  masuk.

Foto 2 - Nelayan Kalimantan Selatan (KALSEL) Sangat Menjaga Kearifan Lokal
Foto 2 – Nelayan Kalimantan Selatan (KALSEL) Sangat Menjaga Kearifan Lokal

Kami berharap sekiranya Aturan itu dikaji kembali karena Wilayah Tangkap Nelayan Tengiri, Nelayan Gembung, Nelayan Rajungan itu berada di jalur lll dengan berbagai macam Jenis ukuran GT Kapal.

Ketua Komcab LP. K-P-K Kab Tanah Laut Alimuddin mengatakan. Untuk Menghindari Gesekan  antara Nelayan Lokal dan Nelayan Luar, bila ada kebijakan yang  dibuat oleh Pemerintah pusat Perlu dikaji ulang  Karena belum Tentu kebijakan itu  Cocok Dengan Ke Arifan Lokal masyarakat Nelayan Kalimantan Selatan karena setiap daerah berbada kondisi dan keadaanya.

Baca juga: https://www.beritasatu.com/bumee/857667/biaya-transaksi-energi-jauh-lebih-tinggi-dari-perkiraan/?utm_source=bumee&utm_medium=news&utm_campaign=Bumee-Content

Nelayan Kalimantan selatan itu bukan dari segi ukuran kecil atau besar GT kapal yang mereka pakai tapi tergantung pada Alat Penangkap ikan apa yang mereka gunakan,  jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan antar Nelayan Kalsel dengan Nelayan dari Jawa Harapan saya  Nelayan Luar Beroprasi jangan jauh melewati kesini Pertengahan Laut jawa dengan Kalimantan selatan. Ujar Alimuddin  (*)