LP.K-P-K Kota Pagar Alam Monitoring Proyek Normalisasi Jalan Irigasi Asal Jadi

Pengawalkebijakan, Kota Pagar Alam – Menurut pantauan Lembaga Pengawaal Kebijaakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) Kota Pagar Alam pada 25/09/2020 terdapat proyek normalisasi saluran/jalan irigasi di Desa Tanjung Menang Kelurahan Perahu Dipo Kecamatan Dempo Selatan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan di nilai asal jadi,

Pasalnya, terlihat di lokasi pemasangan besi kerangka bangunan tidak merata.  Dari informasi yang di himpun, pemasangan besi seharusnya berjarak 12cm. namun di pasang dengan jarak 40cm. Selain itu juga, material yang di gunakan selain batu split juga menggunakan krokos (material riject).

Dana Pembangunan normalisasi irigasi tersebut berasal dari APBN senilai Rp 1.727.026.000.00-. (Satu milyar tujuh ratus dua puluh tujuh juta dua puluh enam ribu rupiah). yang di alokasikan sebagai antisipasi dampak bencana alam BPBD kota pagar alam.

Menanggapi hal tersebut, LSM LP-K.P.K dan GRPK-RI menduga bahwa ada permainan yang dilakukan pihak kontraktor. Sehingga ada indikasi kerugian negara atas proyek tersebut. Seperti yang di sampaikan Jansi SE. Ketua Komisi Cabang  (KOMCAB) LSM LP-K.P.K Kota Pagar Alam Kepada wartawan bahwa pihaknya meminta pihak terkait untuk memeriksa bangunan tersebut.

“Kami menduga bahwa proyek tersebut telah melakukan kecurangan, sebab dari pemasangan besi tersebut sudah terlihat sudah tidak sesuai dengan yang seharusnya. Apalagi dana yang di gelontorkan tidak kecil, kami meminta pihak-pihak terkait untuk memeriksa bangunan tersebut dengan benar. Jika nantinya terbukti ada kecurangan maka mohon di tindak tegas” Pungkas Jansi.(rd)