LP.K-P-K Kab.Bolaang Mongondow Selatan Bersilaturahmi Dengan Bupati

LP.K P K BOLSEL bersama Bupati 31 5 2021

 

Pengawal Kebijakan – BOLSEL – Bertempat di Rumah Dinas Bupati Bolaang Mongondow Selatan, para pengurus Komisi Cabang (KOMCAB) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) Kabupaten Bolaang Mongondow (BOLSEL) yang dipimpin oleh Ketuanya Delvi Sastro Datuwela,SH melakukan silaturahmi dan dengan Bupati H. Iskandar Kamaru,S.Pt pada 31/5 yang lalu.

Bupati BOLSEL menyambut hangat kedatangan LP.K-P-K sekaligus mendengarkan aspirasi, penyampaian tugas pokok dan fungsi organisasi serta Bupati mengapresiasi atas kontribusi LP.K-P-K dalam mengawal kebijakan pemerintah guna mewujudkan good governance.

Foto Djefri AlbasaSEMM Wakil Ketum KOMNAS LP.K P K bersama Brigjen. Pol. Dr. H. Dadang Hartanto S.H. S.I.K. M.Si pada saat RAKERNAS LP.K P K 23 Feb 2020

Diselah silaturahmi dan diskusi tersebut, Delvi Sastro Datuwela,SH yang didampingi oleh Marjun Kamba,Wakil Ketua Gunarjo Gude, Sekretaris Rusli Daintau,S.Ip, Bendahara Melkiyanto Tangahu,SH menegaskan tugas-pokok LP.K-P-K salah satunya mengawal kebijakan pemerintah, mengawal aplikasi perundang-undangan, memberikan saran dan kritik kepada pemerintah.

Lebih lanjut Delvi, menjelaskan kepada awak media Pengawal Kebijakan bahwa selain hal tugas pokok diatas, LP.K-P-K dalam melakukan advokasi terhadap masyarakat, khususnya masyarakat marginal serta teristimewah dalam melakukan survey,investigasi,monitoring/mengawal kebijakan pemerintah, nantinya wajib mengacu pada AD/ART LP.K-P-K  dan Perundang-Undangan, sebagaimana dalam pengaplikasian Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas korupsi,kolusi dan nepotisme. Dalam pasal 3 yang penjelasannya ditunjukan asas umum pemerintahan yang baik mencakup: asas kepastian hukum, asas tertib penyelenggaran negara, asas kepentingan umum, asas keterbukaan, asas propesional dan asas akuntabiltas.

Foto Delvi Ketua KOMCAB LP.K P K Bolaang Mongondow Selatan

Kesamaan persepsi tugas LP.K-P-K dengan Pemerintah Kabupaten Bolsel merupakan sinergitas dalam mengawal aspirasi masyarakat, kini sudah sepenuhnya sudah bisa dilaksanakan di Daerah Kabupaten Bolsel,tegas Delvi.

Raplin S. Pangemanan sebagai Ketua Tim Khusus LP.K-P-K Provinsi Sulawesi Utara sangat salut kepada rekan Delvi dan kawan-kawan telah membangun komunikasi dengan pemerintah daerah, karena hal itu untuk memperkuat eksistensi organisasi agar bersinergi dengan pemerintah, swasta dan masyarakat setempat.

Dari Kantor Komisi Nasional LP.K-P-K di Bogor, Ketua TIMSUS KOMNAS LP.K-P-K Djefri Albasa,SE,MM sekaligus Wakil Ketua Umum KOMNAS terus mendorong agar setiap TIMSUS/Komisi Daerah/Komisi Cabang hendaknya bersandar dalam AD/ART dan mempercepat laporan ke KESBANGPOL serta melakukan tugas dan pokoknya dengan cara-cara yang elegan, pungkas Djefri