KPU Kabupaten Mukomuko, Menetapkan Pasangan Calon Terpilih Di Hotel Bumi Batuah 2.

IMG 20210121 WA0026

 

Mukomuko, (Pengawalkebijakan.id)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko akhirnya melaksanakan rapat pleno penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak lanjutan Tahun 2020, pada hari Kamis (21/1), Karena sebelumnya masih menunggu Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi dan SK-KPU RI.

Ketua KPU Mukomuko, Irsad Kamarudin mengatakan penetapan Bupati dan wakil bupati terpilih dilaksanakan hari ini (Kamis-red) mengingat Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK)sudah diterimanya, demikan halnya dengan SK-KPU RI.

” Mekanismenya setiap KPU kabupaten mengirimkan hasil pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten beserta SK-nya ke KPU RI, yang nantinya KPU RI akan menyampaikan ke MK, ada atau tidaknya gugatan perselisihan hasil pemilihan,” kata Ketua KPU Kabupaten Mukomuko, Irsyad Kamarudin.

Menurutnya, Bagi kabupaten yang tidak memiliki laporan atau gugatan selama tiga hari setelah pelaksanaan pleno tingkat kabupaten, MK telah menjadwalkan akan mengeluarkan BRPK pada bulan januari tahun 2021.

“BRPK ini nanti akan diberikan ke KPU RI di tanggal 18 Januari, dan nanti akan diteruskan kepada KPU Provinsi dilanjutkan ke masing-masing KPU kabupaten yang menggelar Pilkada, daerah mana saja yang ada gugatan ataupun tidak disitu akan tercantum,” ujarnya Saat dikonfirmasi media Pengawalkebijakan.id.

Pada Rapat Pleno penetapan pasangan calon terpilih, dihadiri oleh Tim Pemenangan, Pasangan Calon, Partai Pengusung Pasangan Calon, Bawaslu, Pemda, Forkompinda dan Tamu Undangan Lainnya. Rapat tersebut berjalan lancar dengan menerapakan Protokol Kesehatan (Prokes), Sesuai dengan Teknis yang telah ditentukan.

“Alhamdulilah Rapat Pleno hari ini berjalan dengan lancar tanpa kendala,” Demikian Tutupnya.

Jurnalisme : (SN).