KOMNAS LP.K-P-K : DPR RI Baru, Harapan Baru

Foto rapat paripurna pelantikan DPR RI Periode 2019 2024

Pengawalkebijakan.id- JAKARTA – Semenjak pagi, hari ini 1/10 satu persatu anggota legislatif berdatangan ke Gedung DPR RI Senayan dan dengan wajah sumringah serta deg-degan mengikuti prosesi pelantikan sebagai wakil rakyat di senayan .

Sebanyak 575 Anggota DPR RI hasil Pemilu 2019 itu telah mempersiapkan diri dan menempati kursi-kursi yang telah disediakan dan berlabel nama mengikuti prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 tentang peresmian anggota DPR periode 2019-2024 oleh Sekjen DPR Indra Iskandar.

Setelah itu, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali pun mengambil tempat di sisi podium. Sejumlah perwakilan anggota DPR maju ke depan podium sidang. Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para perwakilan anggota DPR terpilih itu dengan membawa kitab suci.

Para anggota DPR pun disumpah. Para legislator baru itu mengucapkan janji dan sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

“Apakah saudara bersedia bersumpah menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing,” ujar Hatta kepada wakil rakyat baru itu.

Mendengar pertanyaan itu, seluruh wakil rakyat baru itu menyatakan kesediaannya.

“Bersedia,” jawab mereka serempak.

Hatta lalu mengingatkan kembali sumpah atau janji itu harus ditepati untuk kebaikan bangsa dan negara Indonesia secara keseluruhan. Setelah itu, Hatta pun menuntun pembacaan sumpah secara perlahan-lahan agar bisa diikuti para wakil rakyat.

Alhamdulillah, itulah awal kata yang terucap dari bibir salah satu wakil rakyat berprofesi seorang penyanyi sekaligus sebagai artis yang melenggang ke senayan bernama Krisdayanti ketika dikerumunin para awak media disela selesainya acara pelantikan.

Ditempat terpisah, H.Ata Suryadi sebagai Sekretaris Jenderal Komisi Nasional (KOMNAS) Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K), ketika ditemui awak media di Sekretariat KOMNAS LP.K-P-K menyampaikan harapan baru kepada para anggota DPR RI yang baru dilantik.

“ Saya menaruh harapan kepada saudara-saudara kita yang mendapat amanah sebagai wakil kami diparlemen, dipilih oleh rakyat agar memperjuangkan hak-hak rakyat atas kesejahteraan, keadilan dan membela rakyat serta berharap DPR RI baru agar semangatnya juga terbarukan. Ucap Ata.

Andi Muhammad Yusuf yang juga Wakil Ketua Umum LP.K-P-K Turut memberikan komentar. “ Saya juga menaruh harapan agar produk Undang-Undang yang akan datang benar-benar berpihak pada rakyat, terutama masyarakat marginal. Imbuh Andi Yusuf.

“ Atas nama Komisi Nasional LP.K-P-K juga menyampaikan selamat dan sukses kepada para wakil rakyat yang telah dilantik sebagai Anggota DPRD Provinsi/ DPRD Kabupaten-Kota di masing-masing daerahnya, teristimewah ucapan selamat kepada Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI Perempuan pertama yang terpilih hari ini”. Tutup Andi Yusuf .

Seperti diketahui, sesuai dengan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), lima kursi pimpinan DPR menjadi milik lima partai peraih suara terbanyak. Kursi Ketua DPR jadi milik PDIP sebagai pemenang Pemilu 2019, sedangkan 4 kursi wakil jadi milik Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem.

Berikut ini formasi pimpinan DPR yang akan dilantik:
Ketua DPR (PDIP): Puan Maharani
Wakil Ketua DPR (Golkar): Azis Syamsuddin
Wakil Ketua DPR (Gerindra): Sufmi Dasco Ahmad
Wakil Ketua DPR (PKB): Muhaimin Iskandar (Cak Imin)
Wakil Ketua DPR (NasDem): Rachmat Gobel

Hingga berita ini dirilis, sedang berlangsung pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan kondisi diluar gedung DPR RI kondusif.(r/d)