07/12/2022
Kapal Nelayan Tenggelam Ditanjung Selatan, Lima ABK Ditemukan Selamat

Kapal Nelayan Tenggelam Ditanjung Selatan, Lima ABK Ditemukan Selamat

Hits: 6

Kapal Nelayan Tenggelam Ditanjung Selatan, Empat ABK Selamat
Kapal Nelayan Tenggelam Ditanjung Selatan, Lima ABK Ditemukan Selamat

Pengawal Kebijakan, Pelaihari – Sebuah Kapal Nelayan Bagang dengan empat orang ABK   tenggelam dalam perjalanan dari Lampung menuju Maluku tengah.

Kapal  naas tersebut tenggelam di perairan Tanjung Selatan Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut,di akibatkan Mesinnya mati lalu dihantam gelombang besar sehingga kapal bagang itu tenggelam

Kelima ABK (anak buah Kapal ) ditemukan dengan selamat, mereka selamat dengan cara berenang menuju mercusuar yang ada di perairan Tanjung Selatan Batakan Kecamatan Panyipatan.

Sebelumnya sudah ada satu orang nelayan Kapal Bagang  yang selamat, Lukman, selanjutnya dievakuasi ke Dinas Sosial (Dinsos) Tala, yang diantar Satpol Airud Polres Tala. Lukman pun menyelamatkan diri dengan cara berenang ke mercusuar sekitar pukul 22.00.wita.

BACA JUGA :

https://pengawalkebijakan.id/pasca-kenaikan-harga-bbm

https://pengawalkebijakan.id/bapak-andi-aro-terpilih-kembali-secara-aklamasi-menjadi-ketua-umum-lp-k-p-k-tahun-20022-2027/

Sukses melaksanakan Sosialisasi QRIS bersama BI, Susi marleni Bachsin Ajak Millenial Sama-sama Gunakan QR Code Dalam Transaksi Digital

Pengakuan Lukman, saat itu pelayaran dari Lampung menuju Maluku Utara, dan dalam perjalanan mesin kapal mati saat sore hari. Kapal pun dihantam ombak besar setinggi dua meter dari samping saat berada di perairan Tanjung Selatan Tala.

“Padahal mesin dan kapalnya masih baru dan mau dibawa ke Maluku, saat dihantam ombak besar kapal memang tidak terbalik. Untungnya kami semua pakai baju pelampung dan untungnya pula tidak jauh dari lokasi dekat dengan lampu mercusuar,” ungkapnya, Kamis (27/10/22).

https://indonesian.alibaba.com/

http://www.shopee.co.id/

Kasat Polairud Polres Tala, Iptu Hairin, saat di Dinsos Tala mengatakan, korban selamat pertama yaitu Lukman, sebelum dievakuasi ke Dinsos terlebih dulu dibawa ke Puskesmas Batakan. Kondisinya hanya meriang, diduga karena keletihan saat berenang.

Kapolsek Panyipatan, Iptu Subardi mengatakan, terhadap empat orang nelayan yang selamat selanjutnya dijemput bersama pihak TNI Al, dan BPBD Tala.

“Mereka dibawa ke Puskesmas terlebih dahulu guna pengecekan kesehatannya, sebelum diserahkan ke Dinsos Tala,” pungkasnya.

Diketahui, mereka menempuh perjalanan 5 hari, kapal Bagan sampai di perairan Tanjung Selatan, kemudian sekitar pukul 17.30 Wita, di hantam ombak besar dan angin kencang yang mengakibatkan kapal tersebut tenggelam, dengan jarak sekitar 1 Mil dari daratan.

Kabar terakhir kami dapat keempatnya, sekarang ada dirumah singgah Dinas Sosial Kabupaten Tanah Laut ” kata Kadis Sosial Tala Eko Trianto.

Diantaranya Lukman (29)  Idris (50), Asi (27), Barli (27) dan satu orang lainnya yang belum terdata identitasnya. Ujarnya (*)

Bagikan