Kades Uwe Waju Genjot Desa Tertinggal Menjadi Desa Berkembang

IMG 20210930 WA0016

Sulteng, Pengawal Kebijakan.id
Semardin Buluade S.Pd (48 th), Kepala Desa Uwe Waju, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah, genjot desa sangat tertinggal menjadi desa tertinggal. Pada tahun ke-5 masa jabatannya sejak 2017, sebagai orang nomor satu di desa tersebut, ia berhasil menaikkan status wilayah yang di diami oleh lebih dari 1000 penduduk itu dari desa tertinggal menjadi desa berkembang.

IMG 20210930 WA0017

Ketika ditemui oleh wartawan Pengawal Kebijakan LP. K-PK Komda Sulteng (Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan Komisi Daerah Sulawesi Tengah) pada Jum’at 24 September 2021 yang diterima dirumah kediamannya di Desa Uwe Waju, Semardin mengaku akan lebih giat lagi menaikkan taraf desa yang dipimpinnya itu menjadi lebih baik. Namun demikian, ia masih mengalami banyak kendala oleh sebab wilayah tersebut rawan abrasi karena letaknya dipesisir pantai dan merupakan desa paling ujung di kawasan Kabupaten Morowali Utara. Dalam harapannya kepada Pemerintah, semoga ia diberikan kebijakan untuk membebaskan suatu lahan menjadi permukiman agar Desa Uwe Waju dapat diperluas dan Semardin dapat memindahkan sebagian penduduk terutama yang berada pada pesisir pantai.

IMG 20210930 WA0015

“Saya ada pengajuan kepada pemerintah terkait pembebasan lahan untuk permukiman agar sebagian penduduk dapat dipindahkan terutama bagi mereka yang berada di pesisir pantai.” jelasnya dihadapan wartawan.

Supaya lebih jelas lagi, Semardin meminta kepada dua orang aparatnya untuk mengantar Team Pengawal Kebijakan melakukan survei serta wawancara dengan beberapa penduduk terkait programnya memberikan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni melalui Anggaran Dana Desa. Dalam pengusulan terdapat sejumlah 16 buah rumah penduduk tidak layak huni yang akan diberikan bantuan, sudah terealisasi 7 buah yang berukuran 5 x 7 dengan biaya 16 juta rupiah persatu rumah. Seorang penduduk yang tidak berkenan menyebutkan namanya saat diwawancarai wartawan media mengatakan bahwa ia merasa sangat senang dengan adanya bantuan tersebut. “Saya merasa sangat senang dengan adanya bantuan ini, dan Kepala Desa Uwe Waju mantap.” tuturnya seraya mengacungkan jempol. (Reporter : Bustam A. Masse/Ahmad S. Tengko/Firmansyah H. Dj. Side).