Jalan Penghubung Desa Pojokrejo Dengan Desa Carangrejo Yang Terletak Diantara Dusun Ndelik Dan Dusun Nggoseng Rusak Parah Hampir 10 Tahun Terabaikan Pihak Pemkab

IMG20201228100221 2 scaled e1609141836260

PENGAWALKEBIJAKAN.ID — Kondisi ruas jalan poros antara desa pojokrejo dan desa carangrejo yang menghubungkan Dusun Ngoseng dan Dusun Ndelik yakni Desa Pojokrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang rusak parah. Warga pun berharap pemerintah segera melakukan perbaikan.

Joko anggota LP.K_P_K salah satu warga setempat mengatakan, kerusakan jalan sangat menyulitkan aktivitas transportasi masyarakat dan mengancam lumpuhnya roda perekonomian. Kondisi itu amat terasa bila musim hujan datang ditambah air sungai meluap kejalan akan menyulitkan para penguna jalan apalagi warga sekitar mayoritas bekerja sebagai petani.

“Tidak hanya menyulitkan, tapi sangat membahayakan bagi pengendara karena jalan yg rusak cukup panjang hampir 1km. Jalan di sini sangat parah ,” katanya, Senin (28/12/2020).

IMG20210111161839

Dodik selaku pengusaha tahu yg tempat usahanya di wilayah tersebut merasakan dampak dari kerusakan jalan tersebut, akibat jalan yang begitu parah, pengguna jalan pun otomatis terganggu dan secara langsung dapat mengancam keselamatan.

 

IMG20201228095619 1

 

Warga berharap, pemkab melalui dinas terkait segera memperbaiki jalan yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk kelancaran berbagai aktivitas di wilayahnya tersebut.

“Jalan ini merupakan sarana penunjang bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena jalan ini jalan penghubung antar dusun juga aset jalan buat anak sekolah,” tambahnya.

Kepala Desa Desa Pojokrejo Bpk haji nursan mengungkapkan, jalan rusak penghubung sepanjang 2 kilometer yg rusak hampir 1 kilometer,sdh sekitar 10 tahun warga terpaksa melalui jalan yang tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah kabupaten.

“Jalan rusak ini sudah hampir kurang lebih10 tahun. Sudah bosan mengajukan perbaikan jalan yang tak kunjung hasil. Tapi katanya di tahun 2020 akan ada perbaikan sepanjang jalan tersebut” ucapnya.

Ia mengaku, APBdes tidak bisa memperbaiki jalan tersebut karena termasuk kewenangan Kabupaten melalui Dinas terkait. Sehingga bukan kewajiban desa untuk melakukan perbaikan jalan.

“Kalau memang jalan desa, sudah dibangun dari dulu oleh kami. Tapi kan ini jalan kabupaten, jadi tidak bisa menggunakan dana desa,” katanya..