Rapat Paripurna Ke-9 Penyampaian Kepala Daerah Atas Pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda

http://pengawalkebijakan.id  – Mukomuko. Rapat Paripurna Ke-9 dilaksanakan digedung DPRD Kabupaten Mukomuko pada hari Senin (8/3) dihadiri bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA dan Wabup Mukomuko, Wasri.

Pada rapat Paripurna tersebut merupakan Penyampaian Kepala Daerah terhadap Pandangan Umun Fraksi-fraksi tentang Raperda-raperda. Salah satu Raperda yang dibahas adalah pencabutan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Mukomuko No 13 Tahun 2006 yang berisi tentang Pembentukan, Penghapusan dan Pengabungan Desa.

Foto 1 - Rapat Paripurna Ke-9 Penyampaian Kepala Daerah Atas Pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda
Foto 1 – Rapat Paripurna Ke-9 Penyampaian Kepala Daerah Atas Pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda

Disebutkan dalam Pasal 2 (Perda Nomer 13 Tahun 2006-red) Bahwasanya (1) Desa dibentuk, dimekarkan, digabung, dihapus dan atau ditata atas prakarsa masyarakat dengan memperhatikan asal-usul desa, keadaan geografis, sosial budaya dan ekonomi masyrakat setempat. Kedua (2) Tujuan pembentukan, pemekaran, penggabungan, penghapusan dan atau penataan desa adalah untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelengaraan pemerintahan, pembangunan dan pemasyarakatan.

Baca juga : Kasus Penipuan Umroh Serta Investasi Bodong Rp 1,5 Milyard Diungkap Kapolres Mojokerto

Sedangkan pada pasal 3 berbunyi, pembentukan Desa dapat berupa Penggabungan beberapa Desa atau bagian Desa yang bersandingan, atau pemekaran dari satu desa atau dua desa atau lebih, atau pembentukan desa diluar desa yang telah ada.

Foto 2 - Rapat Paripurna Ke-9 Penyampaian Kepala Daerah Atas Pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda
Foto 2 – Rapat Paripurna Ke-9 Penyampaian Kepala Daerah Atas Pandangan Umum Fraksi Terkait Raperda

Selain itu juga pada kesempaten tersebut membahas tentang perubahan Peraturan Daerah Nomer 2 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, dimana dalam pemilihan kepala desa secara serentak dapat dilaksanakan bergelombang paling banyak tiga (3) kali dalam jangka waktu enam (6) Tahun, hal itu sesuai dengan bunyi pasal 3 pada poin kesatu (1), sebagaimana yang dimaksud pada pasal 2 didalam Peraturan Daerah Kabupaten Mukomuko.

Baca juga : https://www.beritasatu.com/nasional/860647/bandar-narkoba-penabrak-polisi-diringkus-di-weleri

Turut hadir Rapat Paripurna, Ketua DPRD beserta angota, Sekertaris Daerah (Sekda), Kepala Perangkat Daerah dan Tamu Undangan Lainnya.

Jurnalism : (SN)

Avatar of Admin2