19/05/2022
Gubernur-Kepulauan-RIAU-Selamat-Munas-LIRA-ke-3-Banner-MUNAS-LIRA.f02a.jpg

Gubernur Kepulauan RIAU Selamat Munas LIRA ke 3 & Banner MUNAS LIRA.f02a

Pengawal Kebijakan – Gubernur Kepulauan Riau, H Ansar Ahmad mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Nasional Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) ke-3, yang akan digelar di Batam, Riau pada 23 sampai 26 Maret 2022. Menurutnya, “Semoga organisasi LIRA semakin maju, eksis, dan menjadi pelopor dalam mengawal informasi rakyat.”
Selaras dengan ucapan Gubernur tersebut, selama tujuh belas tahun jejak langkah Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) telah banyak melakukan gerakan dan aktif bekomunikasi dengan rakyat. Gerakan menyikapi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat secara aktif, kritis dan proaktif. Pada saat yang sama, LIRA juga membangun komunikasi dengan pemerintah dan memberikan masukan, kritikan maupun aspirasi rakyat.

Selain dukungan para Gubernur se Indonesia, maka atas dasar keinginan rakyat pula, kemudian LIRA membangun jaringan hingga ke bawah. Saat ini LIRA sudah hadir mulai tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (Provinsi disebut Gubernur) di 33 Provinsi, Dewan Pimpinan Daerah (kabupaten/ kota disebut Bupati/ Walikota), Dewan Pimpinan Kecamatan (Kecamatan disebut Camat) dan Dewan Pimpinan Kelurahan (Kelurahan/ Desa disebut lurah/ kepala desa). Dimana LIRA di setiap tingkatan berfungsi sebagai mitra yang strategis dan kritis.

Baca Juga : Kementerian ATR/BPN Dan DJKN Bangun Digitalisasi Sistem Administrasi Pertanahan Guna Permudah Proses Layanan

Semangatnya terus diarahkan untuk turut serta bersama-sama meningkatka pedidikan, ketrampilan, kesejahteraan, kesetaraan dan partisipasi bagi terwujudnya hal-hak sipil dan masyarakat madani; menjadi pelopor terwujudnya sistem terintegrasi komunikasi kerakyatan bagi kemajuan bangsa dan negara.

Gubernur-Kepulauan-RIAU-Selamat-Munas-LIRA-ke-3-Banner-MUNAS-LIRA.f01.jpg
Gubernur Kepulauan RIAU Selamat Munas LIRA ke 3 & Banner MUNAS LIRA.f01

Serta terbangunnya kohesi nasional untuk mendukung terwujudnya agenda perubahan dan transparansi menuju Indonesia yang lebih baik secara umum di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk lebih mematangkan gerakan dan memaksimalkan peran LIRA kedepan, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lumbung Informasi Rakyat disingkat LIRA mengagendakan Musyawarah Nasional LIRA Ke–III : “Peran Serta Masyarakat Mendorong Transparansi Pengelolaan Negara Dalam Pembangunan dan Kebangkitan Ekonomi, Menuju Indonesia Sehat, Kuat dan Tangguh di Tengah Pandemi Covid 19,” serta Workshop Kemaritiman yang akan diikuti DPP LIRA bersama Jaringan LIRA di seluruh Indonesia, baik DPW di 33 provinsi maupun DPD kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

Melalui agenda Munas LIRA Ke – III dan Workshop Kemaritiman LIRA ini, kepada Jaringan LIRA se-Indonesia sekaligus Lembaga Sayap Organisasi (LSO) LIRA serta Badan Otonom (Batom) LIRA kedepannya lebih berperan aktif mengawal kebijakan pemerintah yang elegan, profesional, bijaksana untuk mencari satu solusi mengutamakan kepentingan orang banyak, termasuk komitmen dalam mengawal Kemaritiman Indonesia, Pemberantasan KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

Baca Juga : https://www.tiket.com/

Nama Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) didasarkan kepada aspek komunikasi kerakyatan, dimana kata “Lumbung” dan “Rakyat” sejak dahulu menjadi bagian dari masyarakat, baik di pedesaan maupun di perkotaan, lumbung identik dengan tempat menampung berbagai bahan pangan  (khususnya padi) agar pada musim paceklik rakyat dapat memanfaatkannya. Kini dalam konteks komunikasi, dewasa ini negara kita sedang “paceklik” berbagai informasi. (adv)

Bagikan