23/02/2024

Visits: 14

Pengawalkebijakan.id- Diguncang Gempa Tektonik 2,3, membuat masyarakat di  Wonosobo terjadi pada Hari Jumat, 20 Januari 2023 pukul 19.49.11 WIB,

Diguncang gempa bumi tersebut memiliki parameter dengan magnitudo M2,3. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.19 LS; 109.81 BT tepatnya di darat pada jarak 22 km arah barat laut kabupaten Wonosobo -Jateng dengan kedalaman 8 km.

Wonosobo diguncang gempa jenis ini dan mekanisme gempa dilokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

BACA JUGA: Gunung Kerinci Erupsi, Para Maskapai Diminta Tidak Terbang di Atas Gunung

Dampak dari Guncangan gempa bumi ini dirasakan di sekitar wilayah Watumalang  II MMI (Getaran dirasakan oleh warga sekitar, dilihat dari benda-benda ringan yang digantung bergoyang ) Batur Banjarnegara II-III MMI, Getaran tersebut dirasakan nyata didalam rumah, Sangat Terasa getarannya seakan-akan adatruk berlalu, Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Dan atas gempa ini tentu membuat warga menjadi was-was jika ada gempa susulan. Goyang ringan dari gempa ini tidak bisa dianggap enteng karena siapa tahu akan ada dampak yang lebih besar dan akan membuat masyarakat tidak tenang.

BACA JUGA; Warga Mengeluhkan Biaya Pemindahan Tiang Listrik Yang Diminta PT Mahiza  Karya Mandiri ULP kepahiang Terlalu Mahal

“Dari hasil monitoring BMKG Hingga hari Jumat, 20 Januari 2023 pukul 20.15 WIB, tidak ada aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock )”Ungkapnya

BACA JUGA : https://www.bing.com/

Dari kejadian tersebut dihimbau Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Agar terhindar dari bangunan yang retak atau rusak yang di akibatkan oleh gempa. pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup kuat serta tahan gempa, agar tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kesetabilan bangunan serta pastikan bangunan rumah anda tidak ada kerusakan pasca gempa sebelum anda kembali kedalam rumah supaya tidak membahayakan keselamatan .

Sumber :
Kepala Stageof Banjarnegara
Hery Susanto Wibowo

Berbagi