Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021

Pengawal Kebijakan– Banjir Rob Kembali Melanda  berbagai wilayah Desa Muara Kintap, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut senin tanggal 6/12/2021.

Baca juga : KETUA TIMSUS LP.K-P-K SULUT TELAH MENARIK PENDAMPINGAN TERHADAP LAPORAN ANWAR MOODUTO

Ketinggian air pasang mencapai diatas paha orang dewasa, ratusan rumah warga terdampak, angin kencang, gelombang besar mengakibatkan 11 buah rumah rusak berat dan puluhan rumah rusak ringan di Dusun 1 Jl Gusung Mandiri dan Dusun 2 Jl Kampung Baru, atas kejadian ini tidak ada korban jiwa namun kerugian di taksir mencapai meliaran rupiah.

Foto 1 - Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021
Foto 1 – Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021

Menurut Kepala Desa  Muara Kintap  Bapak Yuliadi kerusakan rumah warga ada di RT 11, 5 tercatat ada belasan rumah yang rusak. Sedangkan di RT 1 , RT 2 dan RT 3 , ada 6  rumah warga mengalami rusak berat rumah hancur akibat banjir. Sebagian warga ada yang mengungsi ke rumah kerabatnya, karena tempat tinggalnya hancur sama sekali, tambah dia.

Di tempat yang sama perna juga terjadi banjir rob di ahir tahun 2020 yang mengakibatkan 24 rumah rusak berat dan rusak ringan. Jebolnya tanggul pasir penahan gelombang mengakibatakan gelombang los masuk kedalam sungai menghantam  pemukiman penduduk dan menenggelamkan Tambak Budi Daya masyarakat.

Foto 2 - Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021
Foto 2 – Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021

Ada tiga  titik lokasisi  rencana pembangunan  penahan ombak  di Desa Muara Kintap, Pertama  Jl Gusung Mandiri Kedua  Jl Kampung Baru Sebrang Bugis dan terahir Gusung  Muara sungai.

Upaya penangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut yang menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sudah sebagian berjalan, pembuatan penahan ombak yang terletak di  jl Gusung Mandiri sudah teralisasi, namun belum selesai karena kondisi cuaca yang ekstrim, Ujar Bapak  Entong Pembantu pengawas  setelah di komfirmasi di lokasi.

Sugeng Triono warga setempat telah di komfirmasi, beliau mengtakan. Setelah  banjir Rob Tahun 2020 daerah ini kadang terendam air laut yang membuat warga tidak nyenyak tidur, kami di hantuai ombak Besar, yang kami hawatirkan ahirnya   terjadi saat ini rumah warga kemali roboh. Ujarnya

Foto 3 - Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021
Foto 3 – Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021

warga berharap. Apa yang dibicarakan selama ini  agar segera teraliasi yaitu pembangunan Penahan ombak di Gusung Muara dan Penyiringan bibir sungai, agar korban tidak semakin bertambah dan tidak menutup kemungkinan Januari, Pembruari korban akan bertambah lagi. Ujarnya.

Camat Kintap Eko Trianto telah di komfirmasi. tanggapanya, harapan kita bersama apa yang kita usulkan kemarin ke BWS Kalimantan III   agar  segera terealiasai, sampai saat  ini BWS Kalimatan III sudah bekerja dan mengawalnya Insya Allah akan teraliasi Pembanguna Siring Beton tahun 2022

Foto 4 - Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021
Foto 4 – Banjir Rob Kembali Merobohkan Rumah Warga Desa Muara Kintap, 6 Desember 2021

Beliau menambahkan untuk sementara Persiapan Pemerintah Daerah (Pemda) menghadapi kondisi saat ini  menyediakan lahan dua Hektar untuk relokasi para korban banjir warga Desa Muara Kintap . Siaga  dilokasi bersama dengan Stichokder TNI AL. Pol Airud Polda Kalsel, relawan, Pemerintah desa kemudian menyalurkan berupa bantuan sembako, Korban  tidak boleh kelaparan, Ujaranya.

Baca juga : https://www.beritasatu.com/kesehatan/864303/vaksin-saja-tak-cukup-cegah-omicron

Melalui telpon Begitu Pula yang disampaikan BWS Kalimatan III bapak Toni  . saat ini kami sangat upayakan dan insya Allah terealisasi Pembangunan siring beton tahun 2022. Ujarnya (*)