Awal Januari 2021 UMK Mukomuko Mengalami Kenaikan.

IMG 20210108 WA0000

Mukomuko,pengawalkebijakan.id-Perjuangan rekan-rekan serikat buruh pada akhirnya menuai titik terang setelah sebelumnya berjuang cukup lama dan melelahkan, Salah satunya terungkap saat puluhan buruh bersama Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Provinsi Bengkulu menggelar hearing dengan anggota DPRD Mukomuko di ruang Serba Guna Sekretariat Dewan (Setwan) Mukomuko, Senin (2/11/2020). Kemudian perjuangan serikat buruh dilanjutkan pada Senin (9/11) Perwakilan buruh dari DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW FSPMI) mendatangi kantor DPRD Provinsi Bengkulu. Kedatangan mereka tersebut salah satunya menuntut gubernur Bengkulu menaikan dan menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) khususnya di Kabupaten Mukomuko.

Roslan Efendi, SH., Saat dikonfirmasi oleh media pengawalkebijakan.id, bahwa perjalanan menuntut kenaikan UMK itu banyak melibatkan Unsur dan kesepakatan didaerah.
“Untuk menentukan Kenaikan UMK diikuti oleh Dewan Pengupahan Kabupaten, Serikat Buruh,¬†Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mukomuko dan Dinas Tenaga Kerja (Depnaker) , Apindo dan harus mendapatkan Rekomendasi Bupati,” Ujarnya.
Menurutnya, setelah mendapat rekomendasi dari bupati maka dilanjutkan kedewan Pengupahan Provinsi, dibahas bersama perwakilan serikat buruh (PSPMI) dan Gubernur serta pengusaha guna menetapkan kenaikan UMK tersebut.

Dilain pihak, dari Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan dan Tenaga Kerja (DPMPPTK) Kabupaten Mukomuko, Edi Kasman, SH., bahwa ketentuan yang sudah ditetapkan harus dilaksanakan.
“Ia, itu harus dilaksanakan oleh perusahaan mulai bulan januari ini, bila perusahan tidak menjalankan ketetapan maka Sangsinya administratib berupa pencabutan izin,” tutupnya.

Diketahui semula UMK Kabupaten Mukomuko Sebesar Rp 2.365.624, namun setelah ada Ketetapan besaran UMK Mukomuko berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Bengkulu Nomor P383.DKK.Nakertrans yang ditetapkan di Bengkulu pada 2 Desember 2020 lalu, pada akhirnya Dispakati kenaikan UMK mukomuko sebesar 5,68 % atau Rp 134.376 sehingga UMK mukomuko mnjadi  Rp 2.500.000 ditahun 2021.

Jurnalis : ,(SN).