Apa Kata Ina Kaluku Dicalonkan Ketua Umum LAMAHU?

Pengawal Kebijakan, Jakarta – Kerukunan Masyarakat Gorontalo Rantau (Heluma, Huyula Lo Hulantalo) yang disingkat LAMAHU pada tahun ini akan menyelenggarakan Musyawarah Besar (MUBES) yang ke VIII. Organisasi ini kini sudah mencapai tahun yang ke 33 Tahun dan merupakan organisasi Kerukunan Gorontalo terbesar di Jakarta serta memiliki jaringan se Indonesia, juga dalamnya terdapat para tokoh-tokoh nasional, diantaranya Rachmat Gobel, Fadel Muhammad, Suharso Monoarfa, Roem Kono, Zainudin Amali, Elnino Mohi, Dzain Badjeber, Bob Hippy, A.R.Katili, Olies Datau dan masih b

Melalui Rapat Pleno Diperluas internal LAMAHU (Pra MUBES) yang telah berlangsung sebanyak 4 kali dihadiri oleh Bandayo,Saraa, Bubato dan Pilar – Pilar (Wolihi) melalui Zoom Meeting telah bersepakat untuk “kembali ke khittah” sebagaimana saat pendiriannya tahun 1987, yaitu sebagai organisasi masyarakat Gorontalo rantau dengan lingkup (scope) nasional dengan penguatan “kembali” peran Bantayo sebagai Dewan Permusyawaratan, dan Sara’a sebagai Dewan Pertimbangan, bersama dengan Bubato sebagai Dewan Pengurus di dalam ‘Tiga Ikatan Penyatu’ (Buwatula Towulongo) dalam mewujudkan cita-cita bersama melestarikan nilai nilai luhur adat budaya Gorontalo .

Dalam implementasi pengambilan keputusan permusyawaratan LAMAHU kali ini, Bantayo mempunyai peran strategis yang ditempati oleh para sesepuh masyarakat (Mongopanggola), para  cendekiawan (Tulayibala), para tokoh masyarakat/ tokoh politik (Utoliya) untuk memilih dan menetapkan calon ketua umum setelah di usulkan nama-nama calon Ketua Umum dari pilar-pilar.

Sebagai mana dalam perhelatan KONGRES,MUNAS,MUBES dan sejenisnya, sesuatu yang lumrah dan demokrasi,diminta atau tidak diminta akan muncul dengan sendirinya para Bakal Calon Ketua Umum karena merupakan agenda permusyawaratan.

Menurut Andi Abdul Rahman Onge atau yang sering di sapa Andi Aro Ketua (Pilar) Pemuda Tinelo telah menjajaki setidaknya, sudah ada 5 nama calon Ketum telah menyatakan bersedia yaitu : Fadel Muhammad, Carolina Kaluku, Brigjen TNI (Purn) Sofyan Botutihe, Hamzah Isa dan Yeyen Sidiki versi Pemuda Tinelo, sebagaimana telah disampaikan dalam Diskusi Virtual ” Menjaring Aspirasi” 15/11/2020 via zoom meeting yang diikuti oleh para Pilar-Pilar se Jabodetabek.

Andi melanjutkan, “Namun tidak menutup kemungkinan akan muncul nama-nama lain dan kita jangan menutup ruang kepada orang lain karena suka atau tidak suka serta bebas dari polarisasi sesaat.”

Karena adanya aspirasi dari warga Gorontalo perantauan yang berkeinginan mencalonkan Ina sebagai salah satu kandidat Ketua Umum LAMAHU, Ina nampak tersenyum saja ketika awak media mengkonfirmasinya beberapa hari yang lalu.

“Kehadiran LAMAHU diharapkan terus menjadi pengayom masyarakat rantau Gorontalo sekaligus fasilitator bagi tokoh Gorontalo terpilih dan  berpengaruh dinegeri kita ini, apalagi menurut saya,tahun ini adalah tahun ke emasan bagi Gorontalo, karena bertaburan para tokoh Gorontalo menduduki posisi penting dan strategis di era pemerintahan Jokowi saat ini. Sebagaimana kita ketahui ada dua menteri dan ada 1 orang Wakil Ketua DPR-RI, 1 orang Waki Ketua MPR RI. Tutur Ina.

Ina melanjutkan, saya memberikan apresiasi atas kepercayaan dari pilar-pilar (wolihi),wombohe (Badan otonom) dan Buhuuta (Perwakilan LAMAHU di daerah-daerah/mitra-serikat) yang memilik hak suara dalam MUBES nanti, dengan niat tulus akan mengusung saya sebagai calon Ketua Umum LAMAHU.

Srikandi alumni Interstudi Jakarta ini pernah menjadi mentor senior dan memimpin Indonesia Pintar (Penanggung Jawab Rumah Pintar Indonesia Thn 2012-2014), berbagai organisasi dilingkungan Istana Negara semasa Presiden SBY telah dilalui dan saat ini sebagai Komisaris serta Direktur dibeberapa perusahaan swasta.

Oleh karena datangnya dukungan dari Pilar-Pilar maka suatu kenistayaan untuk tidak mengusungnya. Hal ini diperkuat statement dari seorang Ketua Pilar Wamalo, Amirudin Monoarfa  menyatakan, “ Ina telah memiliki segudang pengalaman berorganisasi.

Amirudin menambahkan “LAMAHU sudah berumur 33 Tahun, maka sudah saatnya Srikandi LAMAHU mempimpin LAMAHU.

Syafril Igirisa Ketua (Pilar) Jakarta Utara angkat bicara juga  “ Ka Ina sangat mumpuni memimpin serta memiliki visi nasional dan layak menjadi Ketua Umum LAMAHU”.

Sebagai mana kita ketahui, Ina saat ini sebagai Staf Khusus Wakil Ketua DPR-RI Rachmat Gobel (RG). Bagaimana kesiapannya? Ina menjawab dengan rilex.”Bahwa sebagai bagian kepedulian saya terhadap Gorontalo dan LAMAHU sehingga saya mendapat kehormatan menjadi Staf Khusus RG dan Alhamdulillah saya mendapat restu dan didorong oleh Beliau untuk maju sebagai calon ketua umum LAMAHU”. Maka saya tidak bisa menolaknya dan saya siap lahir batin mengembang amanah, minimal dalam 5 Tahun ke depan jika saya terpilih nanti, namun sebaliknya saya siap dukung siapapun terpilih nanti. Tutup Ina. (H.Adil)