18/05/2022
Pengawal KebijakanNias Barat | Sebanyak 5 desa di Kabupaten Nias Barat saat ini terkendala penyaluran Dana Desa tahap ke II dan III Tahun 2021, disebabkan karena belum memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Nias Barat Desliman Jaya Zai, S.Pd.,MM kepada awak media, pada Selasa (28/12/2021), diruang kerjanya di Onolimbu, Lahomi.

Baca juga : Meluapnya Air Bekas Lubang Tambang PT Arutmin Kejalan, Membuat warga Desa Bukit Mulia Resah, 2021

“Penyaluran Dana Desa di Kabupaten Nias Barat Tahun 2021 ini, masih terdapat 5 desa lagi dari 105 desa yang tidak bisa kita lakukan pengajuan penyaluran pasalnya karena belum menyerahkan laporan pertanggung jawaban penggunaan keuangan desa tahap sebelumnya”, ujarnya.

Dikatakannya, ke 5 desa yang terkendala tersebut yakni : tahap ke II dan ke III di Desa Onowaembo Kecamatan Lahomi; tahap ke III di Desa Lolowau Kecamatan Lahomi; tahap ke III di Desa Hilimbuasi Kecamatan Lolofitu Moi.

Baca juga : https://www.beritasatu.com/nasional/874689/meningkatkan-literasi-keuangan-anak-lewat-kurikulum-chaching

Kemudian, tahap ke III di Desa Ononamolo II Kecamatan Mandrehe Utara; dan tahap ke III di Desa Taraha Kecamatan Mandrehe Utara.

Desliman Jaya menjelaskan sesuai regulasi pengusulan penyaluran dana, setiap desa harus menyampaikan dokumen pertanggung jawaban pengunaan keuangan desa tahap demi tahap kepada Dinas/Instansi terkait.

Sebagai bahan pelaporan/data pengusulan penyaluran dana kepada pihak Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), supaya disalurkan ke Rekening Kas Desa (RKDes)”, terangnya. [AH]

Bagikan