PENYERAHAN KARTU KIS SECARA SIMBOLIS KEPADA WARGA PENERIMA PROGRAM KIS OLEH KEPALA DESA

IMG 20210325 WA0023

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 28 Tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan program jaminan kesehatan nasional (JKN), menyebutkan bahwa dalam program JKN masyarakat miskin menjadi tanggung jawab Pemerintah atau dengan kata lain menjadi beban Pemerintah. Oleh sebab itu, dalam rangka melaksanakan program JKN dengan tujuan mencapai universal health coverage (UHC) yang mengharuskan semua penduduk memiliki jaminan kesehatan.

Pemerintah Desa Pojokrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang pada Tahun 2021 menargetkan kurang lebih -skitar 700 warga miskin,adapun dalam program tersebut.
Perwakilan Pekerja  Sosial Ibu Septi Anggraeni serta didampingi Bapak Kades H Nursan.Sekdes Bapak faris ,Kasun Bapak H Eri serta staf desa menyerahkan secara simbolis kepada warga penerima program kesehatan KIS yg sdh direalisasikan 45 KK ,1KK ada skitar 2 sampai 3 orang .adapun yg dapat dari jaminan kesehatan KIS,
Yg diserahkan, ada 2 sumber dari ABPN dan APBD propinsi.

IMG 20210325 WA0019

Oleh karena itu berdasarkan dari narasi tersebut diatas, maka Pemerintah Desa pojokrejo melalui Dinas Sosial Kabupaten Jombang pada hari kamis tanggal 25 maret 2021 bertempat digedung Ruang Rapat Desa pojokrejo menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) peserta bantuan iuran daerah (PBID) kabupaten jombang.

IMG 20210325 WA0026

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat miskin Kabupaten Jombang khususnya Desa Pojokrejo Kecamatan Kesamben Jombang, melalui jaminan kesehatan nasional (JKN), dengan harapan Kota Jombang dapat mencapai cita-cita besar yaitu seluruh warga Kabupaten Jombang memiliki JKN. Penanggung jawab pelaksanaan kegiatan ini adalah bidang pelayanan dan sumber daya kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Dalam kesempatan ini Bapak Kades Hj Nursan memberi sedikit wawasan bahwa untuk menjadikan desa yg maju itu harus ada peran serta masyarakat yang ikut juga berkontribusi memajukan desa tidak harus bergantung kepada pemerintah terus,kita bersama sama baik pemdes maupun masyarakat harus terus berperan aktif mengawal dalam pembagunan serta ikut memajukan desa,kamis 25/04/21

Serta arahan Bpk Kades Hj Nursan serta Didampingi pekerja Sosial Ibu Septi Anggraeni mengatakan bahwa kesehatan merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat. Oleh karena itu program kesehatan harus dilaksanakan dengan transparan dan jelas sehingga tidak timbul permasalahan bagi masyarakat miskin KabupatenJombang. Karena untuk mendukung program KIS diharapkan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kota Jombang harus sinkron. Dan diharapkan juga kepada para camat, para lurah, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial harus kerjasama dan koordinasi terkait program KIS untuk masyarakat miskin. Masyarakat miskin harus didata secara riil (update data) sehingga kedepan akan memunculkan data valid orang miskin yang ada di Kota Jombang. Langkah selanjutnya membuat standar operasional prosedur (SOP), lalu ada program mengentaskan kemiskinan. OPD terkait jika perlu harus kerjasama dengan tim independen untuk duduk bareng membuat kebijakan untuk membantu masyarakat miskin Kota Jombang karena kesehatan diatas segala-galanya.

Jurnalis,JK