Andi A.R.O Ketum LP.K-P-K Mengucapkan Selamat Atas Terpilihnya Sdr. Bayu Nugroho Sebagai Ketua Umum Forum Pemimpin Redaksi Nasional

Foto Andi A.R.O Ketum Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K)

Pengawal Kebijakan. JAKARTA – Andi A.R.O Pemred Pengawal Kebijakan sekaligus Ketua Umum Lembaga Pengawal Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP.K-P-K) yang telah memiliki kepengurusan LP.K-P-K dan KABIPRO/KABICAB Pers di 15 Provinsi dan  90 Kabupaten – Kota se Indonesia menghadiri Musyawarah Nasional (MUNAS) Forum Pemimpin Redaksi Nasional yang Pertama bertempat di anjungan Sumatera Barat (Sumbar), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (15/09/2019) sekaligus mengucapkan Selamat atas terpilihnya Bayu Nugroho sebagai Ketua Umum Forum Pemimpin Redaksi Nasional.

Foto Sambutan Ketua Dewan Adat dan Raja-Raja Nusantara. Sumber LP.K-P-K

MUNAS ini digagas oleh berbagai Pemimpin Redaksi se Indonesia, yang cikal bakalnya terhimpun dalam Whatsapp (WA) Grup FPRN di dalamnya juga terdapat Pemred Pengawal Kebijkan yang memiliki visi bersama memperkuat eksisten insan pers di Indoneisa, Maka dari WA Grup terjadilah saling merespon berbagai komentar dari para member untuk segera melaksanakan MUNAS sekaligus dalam grup tersebut berswadaya membiayai acara dengan nominal rupiah, suka – rela yang beragam dan tidak bergantung dari pihak lain.

Sambutan Ketua Dewan Adat dan Raja-Raja Nusantara. Sumber LP.K-P-K

Munas Ke I FPRN tersebut bertema “Menguatkan Peran FPRN Untuk Kemajuan Bangsa”, turut dihadiri Ketua Dewan Adat Nasional dan Raja-Raja Nusantara, PYMM. Prof. DR. H.E. Irwannur Latubual, MM,.MH,.Ph.D, serta Komisioner Kompolnas RI, Dede Farhan Aulawi, ST, MT.

Ketua Dewan Adat Raja-Raja Nusantara, YPMM. Prof. DR. H. E. Irwannur Latubual, MM,.MH,.Ph.D, menyambut baik dan mengapresiasi terbentuknya FPRN. Menurutnya, FPRN juga bisa menjadi mitra bagi lembaga yang dipimpinnya itu dalam rangka melakukan edukasi ke masyarakat melalui pemberitaan terkait adat dan budaya Bangsa Indonesia yang saat ini mulai terkikis dan media menjadi harapan masa depan Indonesia menuju kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia.

Ditempat yang sama Komisioner Kompolnas, Dede Farhan Aulawi juga mengapresiasi terbentuknya wadah khusus bagi para pimpinan redaksi tersebut. Sebab, sebagai penentu layaknya sebuah berita disampaikan ke publik, pimpinan redaksi diharapkan dapat meminimalisir produksi hoax yang saat ini kian ramai disuguhkan publik.

Peserta MUNAS FPRN 2019

“Tentu kita berharap, pimpinan redaksi yang tergabung dalam FPRN ini dapat menyaring setiap berita yang akan disampaikan ke publik harus dipastikan bukan hoax. Makanya harus cek dan ricek dalam waktu yang cepat agar beritanya tidak basi,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, selain memiliki keterampilan teknis, seorang pimpinan redaksi juga harus memiliki sentuhan seni. Olehnya itu, lanjut Dede, harus dilakukan validasi terkait kebenaran informasi yang akan dituangkan melalui materi pemberitaan.

“Sekali lagi saya sampaikan, penting untuk dilakukan validasi terlebih dahulu terkait kebenaran berita yang akan dipublish,” ucapnya.

Andi ARO dalam sidang komisi dan pleno MUNAS tersebut turut serta memberikan kontribusi pemikiran dan gagasan sekaligus mewarnai dinamika keputusan pimpinan sidang guna berbagi pengalaman,bertukar informasi sekaligus turut andil memberikan hak suara terhadap  lima orang pemimpin redaksi dari berbagai daerah. Terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) FPRN Bayu Nugroho dan para ketua lainnya adalah Andi Muh. Safriansyah MS, Polman Manalu, Dedy HB dan Hamdani M, SH.

Foto hiburan dalam MUNAS FPRN dari Grup Sendal Jepit Jakarta

Diakhir sidang pemilihan 5 orang Ketua terpilih, Andi ARO yang juga Ketua Umum LP.K-P-K menyatakan “ Esensi dari pertemuan ini adalah agar para pemimpin redaksi dan awak media bersatu melawan diskriminasi, pelecehan, penganiayaan terhadap wartawan dan mendapatkan dukungan moril sesama pers, mendapatkan perlindungan hukum yang optimal serta melawan kriminalisasi terhadap pers secara politik dan perundang-undangan” Tegasnya. (r/d)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *